PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 MEDAN

Hutabarat, Laura Nazrifa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151002_Cover.pdf] Text
4201151002_Cover.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4201151002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4201151002_Abstrak.pdf] Text
4201151002_Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4201151002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151002_Kata_Pengantar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4201151002_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151002_Daftar_Isi.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4201151002_BAB_I.pdf] Text
4201151002_BAB_I.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4201151002_BAB_II.pdf] Text
4201151002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[thumbnail of 4201151002_BAB_III.pdf] Text
4201151002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[thumbnail of 4201151002_BAB_IV.pdf] Text
4201151002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[thumbnail of 4201151002_BAB_V.pdf] Text
4201151002_BAB_V.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4201151002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 4201151002_Lampiran.pdf] Text
4201151002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 23 Medan adalah rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan data pada PISA bahwa literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap kemampuan literasi sains siswa dan indikator dari aspek kompetensi literasi sains yang paling tinggi setelah menerapkan model tersebut di kelas VII SMP Negeri 23 Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang diperoleh secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 43,3 dan 72,8 sedangkan kelas kontrol adalah 43,5 dan 60,4. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen yaitu 51% dan kelas kontrol yaitu 31% dengan masing-masing kelas berada pada kategori cukup. Perhitungan indikator aspek kompetensi literasi sains yang paling tinggi adalah indikator menginterpretasi data dan bukti ilmiah dengan selisih persentase sebesar 15%. Analisis data menggunakan SPSS 26.0 for Windows membuktikan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas VII SMP Negeri 23 Medan, karena nilai sig. yang diperoleh > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Hut p
Keywords: Problem based learning; Culturally responsive teaching; Literasi sains; Ekologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:49
Last Modified: 08 Jul 2025 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63237

Actions (login required)

View Item
View Item