Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Digital Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Kelas IV di SDS Yos Sudarso Medan

Ginting, Greace Naomi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Digital Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Kelas IV di SDS Yos Sudarso Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111166_Cover.pdf] Text
1213111166_Cover.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of 1213111166_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111166_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111166_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111166_Kata_Pengantar.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 1213111166_Abstrak.pdf] Text
1213111166_Abstrak.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 1213111166_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111166_Daftar_Isi.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 1213111166_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111166_Daftar_Tabel.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 1213111166_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111166_Daftar_Gambar.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 1213111166_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111166_Daftar_Lampiran.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 1213111166_BAB_I.pdf] Text
1213111166_BAB_I.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of 1213111166_BAB_II.pdf] Text
1213111166_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111166_BAB_III.pdf] Text
1213111166_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111166_BAB_IV.pdf] Text
1213111166_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 1213111166_BAB_V.pdf] Text
1213111166_BAB_V.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 1213111166_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111166_Daftar_Pustaka.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 1213111166_Lampiran.pdf] Text
1213111166_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran interaktif digital Smart Apps Creator pada materi Pecahan untuk siswa kelas IV SDS Yos Sudarso Medan. Proses pengembangan dilakukan melalui pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap sistematis, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi kelayakan media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan, dengan hasil rata-rata persentase sebesar 89,33%, yang menunjukkan bahwa media berada pada kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penilaian terhadap aspek kepraktisan memperoleh skor 90%, yang mengindikasikan bahwa media mudah dioperasikan, baik oleh guru maupun peserta didik, serta mendukung proses pembelajaran yang efisien dan kondusif. Fitur interaktif yang dimiliki media memungkinkan penyampaian materi Pecahan secara visual, dinamis, dan menarik, sehingga mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Uji efektivitas dilakukan melalui analisis hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 66,34% dan post-test sebesar 94,90%. Peningkatan signifikan ini didukung oleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,7643 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran dinyatakan valid, karena telah memenuhi kriteria kelayakan isi, tampilan, dan fungsionalitas berdasarkan penilaian para ahli; praktis, karena dapat digunakan secara optimal oleh pengguna dalam konteks pembelajaran nyata tanpa kendala berarti; dan efektif, karena mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep Pecahan. Oleh karena itu, media ini memiliki potensi untuk diimplementasikan secara lebih luas serta dikembangkan pada materi dan jenjang pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Materi pecahan; Sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:47
Last Modified: 08 Jul 2025 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63236

Actions (login required)

View Item
View Item