Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 29 Medan

Maisa, Husnul (2025) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 29 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172004_Cover.pdf] Text
8216172004_Cover.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8216172004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8216172004_Abstrak.pdf] Text
8216172004_Abstrak.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 8216172004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216172004_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8216172004_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172004_Daftar_Isi.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 8216172004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172004_Daftar_Tabel.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8216172004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172004_Daftar_Gambar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8216172004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8216172004_BAB_I.pdf] Text
8216172004_BAB_I.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 8216172004_BAB_II.pdf] Text
8216172004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8216172004_BAB_III.pdf] Text
8216172004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8216172004_BAB_IV.pdf] Text
8216172004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8216172004_BAB_V.pdf] Text
8216172004_BAB_V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8216172004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 8216172004_Lampiran.pdf] Text
8216172004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 29 Medan; Menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 29 Medan melalui modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada mata pelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Hasil penelitian; Modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan melalui modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan dinyatakan meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Mai p
Keywords: Pengembangan, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:19
Last Modified: 08 Jul 2025 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63231

Actions (login required)

View Item
View Item