Maisa, Husnul (2025) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 29 Medan. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216172004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Cover.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 8216172004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 8216172004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Abstrak.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 8216172004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 8216172004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Daftar_Isi.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 8216172004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Daftar_Tabel.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 8216172004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 8216172004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 8216172004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_BAB_I.pdf
Download (640kB)
![[thumbnail of 8216172004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216172004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216172004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8216172004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_BAB_V.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 8216172004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (339kB)
![[thumbnail of 8216172004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216172004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 29 Medan; Menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 29 Medan melalui modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada mata pelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Hasil penelitian; Modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan melalui modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan dinyatakan meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Mai p |
Keywords: | Pengembangan, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63231 |