Sebayang, Irene Monyca Br. (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193151010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Cover.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 4193151010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4193151010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Abstrak.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 4193151010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Kata_Pengantar.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 4193151010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Daftar_Isi.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 4193151010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_BAB_I.pdf
Download (305kB)
![[thumbnail of 4193151010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (643kB)
![[thumbnail of 4193151010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (684kB)
![[thumbnail of 4193151010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (971kB)
![[thumbnail of 4193151010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_BAB_V.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 4193151010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 4193151010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193151010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD yang dikembangkan dengan berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia, mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan dengan berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah, serta mengetahui keefektifan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Uji coba produk meliputi uji coba kelompok besar yang terdiri dari 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli materi, pembelajaran, dan desain, serta tes dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem peredaran darah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain dengan skor rata-rata beruntun: 94,5%, 91,5%, dan 97,5% dengan kriteria sangat layak. LKPD yang dikembangkan juga mendapat respon layak dari peserta didik dengan hasil yang diperoleh pada uji kelompok besar dengan rata-rata 87% serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan rata-rata hasil pretest sebesar 29,92 dan rata-rata hasil posttest sebesar 85,92 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,80 dengan interpretasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.1 Seb p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Sistem peredaran darah; Lembar kerja peserta didik; Pendekatan STEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 05:49 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63222 |