PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII

Nainggolan, Heppy Fransiska (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151019_Cover.pdf] Text
4203151019_Cover.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4203151019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4203151019_Abstrak.pdf] Text
4203151019_Abstrak.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4203151019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151019_Kata_Pengantar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4203151019_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151019_Daftar_Isi.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 4203151019_BAB_I.pdf] Text
4203151019_BAB_I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4203151019_BAB_II.pdf] Text
4203151019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of 4203151019_BAB_III.pdf] Text
4203151019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[thumbnail of 4203151019_BAB_IV.pdf] Text
4203151019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of 4203151019_BAB_V.pdf] Text
4203151019_BAB_V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4203151019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4203151019_Lampiran.pdf] Text
4203151019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Tekanan Zat Siswa Kelas VIII. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes bentuk essay. Sebelum perlakuan terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua sampel, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan video animasi pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional dengan video animasi pada kelas kontrol, kemudian dilakukan posttest pada kedua sampel. Data penelitian dianalisis dengan uji t satu pihak untuk instrument tes. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan video animasi menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelas eksperimen 42,75 dan rata-rata postes kelas kontrol 19,16. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap data posttest kedua kelompok diperoleh nilai dan = 1,697. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan analisis data yang dilakukan, Ha diterima yaitu atau 1,697 , maka kemampuan berpikir kritis siswa dengan model problem based learning berbantuan video animasi lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran konvensional berbantuan video animasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.1 Nai p
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Tekanan zat; Video animasi; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 05:30
Last Modified: 08 Jul 2025 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63221

Actions (login required)

View Item
View Item