Sibarani, Heni Nathali Rosa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202451003_Cover.pdf
Download (61kB)
4202451003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (390kB)
4202451003_Abstrak.pdf
Download (286kB)
4202451003_Kata_Pengantar.pdf
Download (250kB)
4202451003_Daftar_Isi.pdf
Download (171kB)
4202451003_BAB_I.pdf
Download (323kB)
4202451003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (684kB)
4202451003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (748kB)
4202451003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (583kB)
4202451003_BAB_V.pdf
Download (215kB)
4202451003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (298kB)
4202451003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan, yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Data rata-rata pre-test dan post-test kemampuan kognitif pada kelas eksperimen adalah 33,6 dan 83 dan pada kelas kontrol adalah 33,8 dan 78,3. Berdasarkan uji hipotesis, untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,1308 dan ttabel = 2,0017, maka thitung > ttabel. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan satu sampai pertemuan tiga mengalami peningkatan, pada kelas eksperimen adalah 63,62% dan pada kelas kontrol adalah 58,73%, maka disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 573.49 Sib p |
| Keywords: | Problem based learning; Sistem ekskresi manusia; Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 05:04 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 05:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63219 |
