PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Sibarani, Heni Nathali Rosa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202451003_Cover.pdf] Text
4202451003_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4202451003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202451003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4202451003_Abstrak.pdf] Text
4202451003_Abstrak.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4202451003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202451003_Kata_Pengantar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4202451003_Daftar_Isi.pdf] Text
4202451003_Daftar_Isi.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4202451003_BAB_I.pdf] Text
4202451003_BAB_I.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 4202451003_BAB_II.pdf] Text
4202451003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[thumbnail of 4202451003_BAB_III.pdf] Text
4202451003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[thumbnail of 4202451003_BAB_IV.pdf] Text
4202451003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[thumbnail of 4202451003_BAB_V.pdf] Text
4202451003_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4202451003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202451003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4202451003_Lampiran.pdf] Text
4202451003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan, yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Data rata-rata pre-test dan post-test kemampuan kognitif pada kelas eksperimen adalah 33,6 dan 83 dan pada kelas kontrol adalah 33,8 dan 78,3. Berdasarkan uji hipotesis, untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,1308 dan ttabel = 2,0017, maka thitung > ttabel. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan satu sampai pertemuan tiga mengalami peningkatan, pada kelas eksperimen adalah 63,62% dan pada kelas kontrol adalah 58,73%, maka disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.49 Sib p
Keywords: Problem based learning; Sistem ekskresi manusia; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 05:04
Last Modified: 08 Jul 2025 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63219

Actions (login required)

View Item
View Item