PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 3 PEMATANGSIANTAR

Sitorus, Grace Sinta (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151008_Cover.pdf] Text
4201151008_Cover.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4201151008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 4201151008_Abstrak.pdf] Text
4201151008_Abstrak.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4201151008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151008_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4201151008_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151008_Daftar_Isi.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4201151008_BAB_I.pdf] Text
4201151008_BAB_I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4201151008_BAB_II.pdf] Text
4201151008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[thumbnail of 4201151008_BAB_III.pdf] Text
4201151008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[thumbnail of 4201151008_BAB_IV.pdf] Text
4201151008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[thumbnail of 4201151008_BAB_V.pdf] Text
4201151008_BAB_V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4201151008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4201151008_Lampiran.pdf] Text
4201151008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Pematangsiantar yang terdiri dari 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 2 kelas yang dikategorikan dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji t, untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,6663 dan ttabel = 2,0017, karena thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji N-Gain, untuk kelas eksperimen diperoleh peningkatan hasil
belajar siswa sebesar 72% berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis observasi aktivitas siswa, untuk kelas eksperimen diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada pertemuan satu sampai pertemuan empat mengalami peningkatan dan menunjukkan perubahan yang semakin membaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.2 Sit p
Keywords: Inkuiri terbimbing; Sistem pernapasan manusia; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:46
Last Modified: 08 Jul 2025 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63217

Actions (login required)

View Item
View Item