Ginting, Esterlina Alvionita (2025) Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Cerpen Kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka T.A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311066_Cover.pdf
Download (72kB)
1203311066_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1203311066_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
1203311066_Abstrak.pdf
Download (91kB)
1203311066_Daftar_Isi.pdf
Download (236kB)
1203311066_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
1203311066_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
1203311066_Daftar_Lampiran.pdf
Download (63kB)
1203311066_BAB_I.pdf
Download (346kB)
1203311066_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (900kB)
1203311066_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (460kB)
1203311066_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (508kB)
1203311066_BAB_V.pdf
Download (154kB)
1203311066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (347kB)
1203311066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran tentang membaca pemahaman sudah dimulai pada kategori sekolah dasar kelas tinggi dengan standar kompetensi dasar membaca intensif dan menceritakan kembali. Karya sastra berupa cerpen dapat diapresiasi ketika melakukan kegiatan seperti membaca dan memahami isi cerpen. Pada saat itulah siswa mengapresiasi karya sastra dan memberikan pengaruh yang baik dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada cerpen kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan cerpen yang terdapat dalam buku siswa tema 1 organ gerak hewan dan manusia. Data yang sudah terkumpul diolah dan dikelompokkan sesuai indikator-indikator tertulis dalam bentuk tes. Pada cerpen Tanggung Jawab Ade , hasil rata rata skor perolehan tes kemampuan membaca pemahaman 11,52, pada cerpen Penyandang Cacat Yang Sukses, hasil rata rata skor perolehan tes kemampuan membaca pemahaman 13,30, dan pada cerpen Gerabah hasil rata rata skor perolehan tes kemampuan membaca pemahaman 13,52. Maka temuan penelitian adalah dengan menggunakan cerpen makan kemampuan membaca pemahaman pada siswa meningkat. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan cerpen dalam upaya memperbaiki kemampuan membaca pemahaman siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pemahaman cerita; Kemampuan membaca; Cerita pendek |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:27 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 04:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63216 |
