Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di MAN 1 Medan

Siregar, Ahmad Rifai (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8236171010_Cover.pdf] Text
8236171010_Cover.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 8236171010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8236171010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8236171010_Abstrak.pdf] Text
8236171010_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 8236171010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8236171010_Kata_Pengantar.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 8236171010_Daftar_Isi.pdf] Text
8236171010_Daftar_Isi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 8236171010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8236171010_Daftar_Tabel.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 8236171010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8236171010_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8236171010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8236171010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 8236171010_BAB_I.pdf] Text
8236171010_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8236171010_BAB_II.pdf] Text
8236171010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236171010_BAB_III.pdf] Text
8236171010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236171010_BAB_IV.pdf] Text
8236171010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236171010_BAB_V.pdf] Text
8236171010_BAB_V.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 8236171010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8236171010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 8236171010_Lampiran.pdf] Text
8236171010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diberi problem based learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang diberi problem based learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-9 dan X-6 dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi problem based learning lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi problem based learning lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa; (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar model pembelajaran problem based learning dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sir p
Keywords: Problem Based Learning,Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:40
Last Modified: 08 Jul 2025 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63211

Actions (login required)

View Item
View Item