Siregar, Ahmad Rifai (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8236171010_Cover.pdf
Download (196kB)
8236171010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
8236171010_Abstrak.pdf
Download (130kB)
8236171010_Kata_Pengantar.pdf
Download (540kB)
8236171010_Daftar_Isi.pdf
Download (131kB)
8236171010_Daftar_Tabel.pdf
Download (149kB)
8236171010_Daftar_Gambar.pdf
Download (98kB)
8236171010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
8236171010_BAB_I.pdf
Download (7MB)
8236171010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8236171010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8236171010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8236171010_BAB_V.pdf
Download (189kB)
8236171010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
8236171010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (977kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diberi problem based learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang diberi problem based learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-9 dan X-6 dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi problem based learning lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi problem based learning lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa; (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar model pembelajaran problem based learning dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Sir p |
| Keywords: | Problem Based Learning,Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:40 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 03:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63211 |
