Tania, Wan Putri (2025) Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226172002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Cover.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 8226172002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 8226172002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Abstrak.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 8226172002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Kata_Pengantar.pdf
Download (420kB)
![[thumbnail of 8226172002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 8226172002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Daftar_Tabel.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 8226172002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Daftar_Gambar.pdf
Download (430kB)
![[thumbnail of 8226172002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 8226172002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8226172002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8226172002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_BAB_V.pdf
Download (410kB)
![[thumbnail of 8226172002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of 8226172002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) adversity quotient siswa kelas VII SMP Harapan Mandiri Medan, (2) kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Swasta Harapan Mandiri Medan setelah dilakukan pembelajaran berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik ditinjau dari adversity quotient siswa, dan (3) kesulitan berfikir kreatif yang dialami siswa kelas VII SMP Swasta Harapan Mandri Medan dalam menyelesaikan masalah matematika setelah dilakukan pembelajaran berbasis pendekatan pendekatan pendidikan matematika realistik ditinjau dari adversity quotient siswa. Subjek penelitian berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir kreatif matematis dan ARP (Adversity Respon Profile). Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adversity quotient siswa kelas VII SMP Harapan Mandiri Medan didominasi oleh siswa yang berada pada kriteria camper yaitu 46%. (2) Siswa yang memiliki adveristy quotient dengan kriteria climber memiliki kemampuan berfikir kreatif matematis yang dominan tinggi yaitu sebesar 80%, untuk siswa yang memiliki adveristy quotient dengan kriteria peralihan camper ke climber memiliki kemampuan berfikir kreatif matematis yang dominan tinggi yaitu 50%, sedangkan siswa yang memiliki adveristy quotient dengan kriteria camper memiliki kemampuan berfikir kreatif matematis yang dominan sedang yaitu 62%. (3) Kesulitan berfikir kreatif matematis yang dialami siswa kelas VII SMP Swasta Harapan Mandiri Medan yaitu siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi pada setiap kategori adversity quotient tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif sedang pada setiap kategori adversity quotient mengalami kesulitan ketika menerapkan prinsip dalam menyelesaikan soal yang diberikan dan siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif matematis rendah mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip didalam menyelesaikan permasalahan matematika pada adversity quotient kategori peralihan camper ke climber juga mengalami kesulitan didalam mempelajari konsep dan menyelesaikan masalah verbal yang diberikan pada adversity quotient kategori camper.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 518.072 Tan a |
Keywords: | Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis, Adversity Quotient, Pendidikan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63207 |