Pratiwi, Dini Aulia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas III SD Negeri 064983 Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202311003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Cover.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1202311003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1202311003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Kata_Pengantar.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 1202311003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Abstrak.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 1202311003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Daftar_Isi.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 1202311003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Abstrak.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 1202311003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Daftar_Isi.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 1202311003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 1202311003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Daftar_Gambar.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 1202311003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 1202311003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_BAB_I.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of 1202311003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (638kB)
![[thumbnail of 1202311003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (612kB)
![[thumbnail of 1202311003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (802kB)
![[thumbnail of 1202311003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_BAB_V.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 1202311003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 1202311003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202311003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan sisi positif
dari penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Tema 7 Teknologi Pangan Subtema 1 Pembelajaran Ke 2
Kelas III SDN 064983 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen research. Desain yang digunakan
adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas III SD Negeri 064983 Medan T.A. 2023/2024 yang berjumlah
40 siswa dengan sampelnya adalah kelas III-A sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 20 siswa dan kelas III-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20
siswa. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berbentuk soal pilihan
berganda. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent
Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum melakukan
pembelajaran nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 55,5 sedangkan nilai
rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 48,25. Setelah dilaksanakan pembelajaran
pada kelas eksperimen menggunakan model kooperatif learning tipe think pair
share memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 78,25 dengan kategori baik.
Sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung memperoleh
nilai rata-rata post-test sebesar 62,25 dengan kategori kurang. Pada pengujian
Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000
< 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif learning tipe think pair
share pada pokok bahasan teknologi pangan kelas III di SD Negeri 064983
Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63195 |