Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024

Florentina, Debora (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311089_Cover.pdf] Text
1203311089_Cover.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1203311089_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311089_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1203311089_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311089_Kata_Pengantar.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 1203311089_Abstrak.pdf] Text
1203311089_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1203311089_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311089_Daftar_Isi.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 1203311089_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311089_Daftar_Tabel.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 1203311089_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311089_Daftar_Gambar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1203311089_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311089_Daftar_Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1203311089_BAB_I.pdf] Text
1203311089_BAB_I.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 1203311089_BAB_II.pdf] Text
1203311089_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311089_BAB_III.pdf] Text
1203311089_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of 1203311089_BAB_IV.pdf] Text
1203311089_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311089_BAB_V.pdf] Text
1203311089_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203311089_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311089_Daftar_Pustaka.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1203311089_Lampiran.pdf] Text
1203311089_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Populasi delam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 065015 Medan yang berjumlah 45 siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas IV-A yang berjumlah 24 siswa pada kelas eksperimen dan kelas IV-B yang berjumlah 21 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistic uji-t (t-tes) dengan menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dibandingkan hasil belajar hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 85,5 dan pada kelas kontrol 43,9. Dengan demikian perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda adalah 85,5>43,9. Pada ujian I menunjukkan Sig. (2-tailed)< 0,05 yaitu <0,001 < 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi disimpulakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024. Dengan demikian, Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing ini dapat digunakan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran inquiri; Hasil belajar ; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 Jul 2025 05:12
Last Modified: 07 Jul 2025 05:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63174

Actions (login required)

View Item
View Item