Simanjuntak, Angelina Natalia (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Carl Orff Pada Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203142004_Cover.pdf
Download (408kB)
2203142004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203142004_Abstrak.pdf
Download (210kB)
2203142004_Kata_Pengantar.pdf
Download (366kB)
2203142004_Daftar_Isi.pdf
Download (608kB)
2203142004_Daftar_Tabel.pdf
Download (390kB)
2203142004_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
2203142004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (390kB)
2203142004_BAB_I.pdf
Download (854kB)
2203142004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203142004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (674kB)
2203142004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203142004_BAB_V.pdf
Download (242kB)
2203142004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (401kB)
2203142004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Metode
Pembelajaran Carl Orff Pada Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan. 2)
Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Metode Pembelajaran Carl Orff Pada
Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori Metode Carl Orff dan teori kelebihan dan kekurangan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dimana
sampel penelitian ini adalah Guru Seni Budaya dan Siswa Kelas VIII. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Metode Pembelajaran
Carl Orff dilakukan dengan 4 tahap yaitu, Tahap Eksplorasi, Imitasi, Komposisi
dan Kolaborasi. Penelitian ini dilakukan 4 pertemuan dan dapat memberi
pemahaman yang baik kepada siswa dengan membuat proses belajar menjadi lebih
menyenangkan serta dapat memberikan motivasi kepada guru dalam mengajar. 2)
Kelebihan ImplementasiMetode Pembelajaran Carl Orff yaitu, a) Mendorong guru
untuk berpartisipasi melalui keterlibatan dengan siswa, b) Mengajarkan unsurunsur
musik, c) Mendorong guru mengajar dengan menyenangkan melalui
pengalaman dan pembelajaran dalam suasana bermain. Kekurangan Implementasi
Metode pembelajaran Carl Orff yaitu, a) Kurangnya kemampuan membaca notasi
c) siswa kurang menguasai dalam memainkan tempo irama lagu. b) Suasana kelas
yang kurang kondusif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi; Metode Pembelajaran; Carl Orff; Irama |
| Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:51 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 03:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63167 |
