Implementasi Metode Pembelajaran Carl Orff Pada Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan

Simanjuntak, Angelina Natalia (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Carl Orff Pada Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203142004_Cover.pdf] Text
2203142004_Cover.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 2203142004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203142004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203142004_Abstrak.pdf] Text
2203142004_Abstrak.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 2203142004_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203142004_Kata_Pengantar.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 2203142004_Daftar_Isi.pdf] Text
2203142004_Daftar_Isi.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 2203142004_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203142004_Daftar_Tabel.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 2203142004_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203142004_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2203142004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203142004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 2203142004_BAB_I.pdf] Text
2203142004_BAB_I.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of 2203142004_BAB_II.pdf] Text
2203142004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203142004_BAB_III.pdf] Text
2203142004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[thumbnail of 2203142004_BAB_IV.pdf] Text
2203142004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203142004_BAB_V.pdf] Text
2203142004_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 2203142004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203142004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 2203142004_Lampiran.pdf] Text
2203142004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Metode
Pembelajaran Carl Orff Pada Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan. 2)
Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Metode Pembelajaran Carl Orff Pada
Materi Irama Kelas VIII di SMPN 3 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori Metode Carl Orff dan teori kelebihan dan kekurangan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dimana
sampel penelitian ini adalah Guru Seni Budaya dan Siswa Kelas VIII. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Metode Pembelajaran
Carl Orff dilakukan dengan 4 tahap yaitu, Tahap Eksplorasi, Imitasi, Komposisi
dan Kolaborasi. Penelitian ini dilakukan 4 pertemuan dan dapat memberi
pemahaman yang baik kepada siswa dengan membuat proses belajar menjadi lebih
menyenangkan serta dapat memberikan motivasi kepada guru dalam mengajar. 2)
Kelebihan ImplementasiMetode Pembelajaran Carl Orff yaitu, a) Mendorong guru
untuk berpartisipasi melalui keterlibatan dengan siswa, b) Mengajarkan unsurunsur
musik, c) Mendorong guru mengajar dengan menyenangkan melalui
pengalaman dan pembelajaran dalam suasana bermain. Kekurangan Implementasi
Metode pembelajaran Carl Orff yaitu, a) Kurangnya kemampuan membaca notasi
c) siswa kurang menguasai dalam memainkan tempo irama lagu. b) Suasana kelas
yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi; Metode Pembelajaran; Carl Orff; Irama
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:51
Last Modified: 07 Jul 2025 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63167

Actions (login required)

View Item
View Item