Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 106811 Bandar Setia.

Siagian, Chrisna Jeddica Halida (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 106811 Bandar Setia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1211111031_Cover.pdf] Text
1211111031_Cover.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1211111031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1211111031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 1211111031_Kata_Pengantar.pdf] Text
1211111031_Kata_Pengantar.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 1211111031_Abstrak.pdf] Text
1211111031_Abstrak.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1211111031_Daftar_Isi.pdf] Text
1211111031_Daftar_Isi.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 1211111031_Daftar_Tabel.pdf] Text
1211111031_Daftar_Tabel.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1211111031_Daftar_Gambar.pdf] Text
1211111031_Daftar_Gambar.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 1211111031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1211111031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1211111031_BAB_I.pdf] Text
1211111031_BAB_I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 1211111031_BAB_II.pdf] Text
1211111031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1211111031_BAB_III.pdf] Text
1211111031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1211111031_BAB_IV.pdf] Text
1211111031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1211111031_BAB_V.pdf] Text
1211111031_BAB_V.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 1211111031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1211111031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 1211111031_Lampiran.pdf] Text
1211111031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 106811 Bandar Setia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
desain Quasi-Eksperimen, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah 40 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum
(pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Perhitungan pengujian dilakukan dengan bantuan aplikasi Microsoft excel. Uji normalitas dilakukan dengan uji Liliefors, yang menunjukkan bahwa pretest dan posttest pada kelas eksperimen
berdistribusi normal dengan L-hitung masing-masing sebesar 0,173 dan 0,178, yang lebih kecil dari L-tabel sebesar 0,1881. Uji homogenitas menunjukkan nilai 0,884 yang lebih kecil dari F-tabel sebesar 2,49, yang berarti tidak terdapat
perbedaan varians antara posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol.Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan nilai t-hitung sebesar 8,39, yang lebih
besar dari t-tabel sebesar 2,33 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional di kelas II SDN 106811 Bandar Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Moedel pembelajaran; Hasil belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:14
Last Modified: 07 Jul 2025 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63157

Actions (login required)

View Item
View Item