Siagian, Chrisna Jeddica Halida (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 106811 Bandar Setia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1211111031_Cover.pdf
Download (300kB)
1211111031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (410kB)
1211111031_Kata_Pengantar.pdf
Download (338kB)
1211111031_Abstrak.pdf
Download (358kB)
1211111031_Daftar_Isi.pdf
Download (286kB)
1211111031_Daftar_Tabel.pdf
Download (267kB)
1211111031_Daftar_Gambar.pdf
Download (252kB)
1211111031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (262kB)
1211111031_BAB_I.pdf
Download (638kB)
1211111031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1211111031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1211111031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1211111031_BAB_V.pdf
Download (404kB)
1211111031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (376kB)
1211111031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 106811 Bandar Setia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
desain Quasi-Eksperimen, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah 40 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum
(pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Perhitungan pengujian dilakukan dengan bantuan aplikasi Microsoft excel. Uji normalitas dilakukan dengan uji Liliefors, yang menunjukkan bahwa pretest dan posttest pada kelas eksperimen
berdistribusi normal dengan L-hitung masing-masing sebesar 0,173 dan 0,178, yang lebih kecil dari L-tabel sebesar 0,1881. Uji homogenitas menunjukkan nilai 0,884 yang lebih kecil dari F-tabel sebesar 2,49, yang berarti tidak terdapat
perbedaan varians antara posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol.Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan nilai t-hitung sebesar 8,39, yang lebih
besar dari t-tabel sebesar 2,33 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional di kelas II SDN 106811 Bandar Setia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Moedel pembelajaran; Hasil belajar; Bahasa Indonesia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:14 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 03:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63157 |
