Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pelajaran Matematika SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2024/2025.

Turnip, Bryan Fernando (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pelajaran Matematika SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111148_Cover.pdf] Text
1203111148_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1203111148_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111148_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 1203111148_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111148_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1203111148_Abstrak.pdf] Text
1203111148_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1203111148_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111148_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203111148_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111148_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 1203111148_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111148_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111148_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111148_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1203111148_BAB_I.pdf] Text
1203111148_BAB_I.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 1203111148_BAB_II.pdf] Text
1203111148_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111148_BAB_III.pdf] Text
1203111148_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[thumbnail of 1203111148_BAB_IV.pdf] Text
1203111148_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[thumbnail of 1203111148_BAB_V.pdf] Text
1203111148_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203111148_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111148_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1203111148_Lampiran.pdf] Text
1203111148_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Powtoon dan Powerpoint serta untuk mengetahui mana yang lebih berpengaruh antara media pembelajaran Powtoon dan Powerpoint terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV materi “Pecahan” di SDN 104202 Bandar Setia. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian merupakan siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 52 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasy experimental design di mana terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen X1 (IV A) menggunakan media Powtoon dan kelas eksperimen X2 (IV B) menggunakan media Powerpoint. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan, hal ini dilihat dari rata-rata pretest dan posttest dari masing-masing kelas. Pada kelas IV A didapati rata-rata pretest sebesar 48,08 dan posttest sebesar 83,27, sementara pada kelas IV B didapati rata-rata pretest sebesar 46,35 dan posttest sebesar 72,88, dengan demikian penggunaan media pembelajaran Powtoon dan Powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (4,954 > 2,008) dan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 104202 Bandar Setia dengan menggunakan media pembelajaran Powtoon lebih tinggi atau lebih unggul dibandingkan menggunakan media pembelajaran Powerpoint

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Media powerpoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:02
Last Modified: 04 Jul 2025 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63148

Actions (login required)

View Item
View Item