Lumbantoruan, Hiras Pamuji Marojahan (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V DI SD SWASTA ROLINA MEDAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311O24 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
1104311O24 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1104311O24 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
1104311O24 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
1104311O24 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
1104311O24 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
1104311O24 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
1104311O24 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311O24 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
1104311O24 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1104311O24 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasibelajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V di SD SWASTA ROLINAMEDAN. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswadalam pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik indonesiadengan menggunakan model pembelajaran konstruktivistik.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ Denganmenggunakan model pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan motivasibelajar siswa pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik indonesia di SDSWASTA ROLINA MEDAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012”.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD SWASTA ROLINAMEDAN dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilakukan untuk bidangstudi IPS tentang “Proklamasi kemerdekaan republik indonesia” alat yangdilakukan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi untuk siswa danguru.Hasil penelitian menunjukkan pada keadaan awal bahwa hanya 2 oran gsiswa yang termotivasi belajarnya (8%), sedangkan pada siklus I pertemuan I ada10 orang yang termotivasi (40%), dan pada pertemuan ke II ada 12 orang yangtermotivasi (48%). Pada siklus II pertemuan III ada 22 orang yang termotivasi(88%), sedangakan pada pertemuan ke IV ada 24 orang yang termotivasibelajarnya (96%).Berdasarkan hasil penelitian mulai dari keadaan awal, siklus I pertemuan I,pertemuan ke II, siklus II pertemuan ke III, pertemuan ke IV sudah mengalamipeningkatan yang signifikan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan modelpembelajaran konstruktivistik dapat meningkatakan motivasi belajar siswa dalampelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik indonesia di SDSWASTA ROLINA MEDAN.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lum m |
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran Konstruktivisme; Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6314 |