Purba, Anggi Kristin Naomi (2024) IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 40 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4191151007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Cover.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 4191151007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 4191151007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Abstrak.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4191151007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Kata_Pengantar.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 4191151007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 4191151007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_BAB_I.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 4191151007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (525kB)
![[thumbnail of 4191151007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (487kB)
![[thumbnail of 4191151007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (356kB)
![[thumbnail of 4191151007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_BAB_V.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 4191151007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 4191151007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191151007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitin ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktif peserta didik dalam menanggapi dan mengajukan pertanyaan terkait pembelajaran. Guru belum terbiasa terhadap keberagaman gaya belajar yang dimiliki peserta didik dan peserta didik kesulitan memahami materi dengan menggunakan proses pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran gaya belajar peserta didik pada bagian akademik pada kelas VIII dan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 40 Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan, meneliti, dan menjelaskan sesuatu yang dipelajari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 40 Medan kelas VIII semester genap yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-G dengan jumlah 243 peserta didik. Sampel yang diambil dari populasi yaitu kelas VIII-A sampai dengan VIII-C berjumlah 88 siswa dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data melalui instrumen utama angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada materi getaran dan gelombang memiliki hasil nilai yang baik dan gaya belajar kinestetik merupakan gaya belajar yang cenderung digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.3 Pur i |
Keywords: | Gaya belajar; Getaran; Gelombang; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 05:40 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63129 |