Situmeang, Yehezkiel Decsfrant (2024) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Teachmint Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183111024_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Cover.pdf
Download (49kB)
![[thumbnail of 5183111024_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (535kB)
![[thumbnail of 5183111024_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Kata_Pengantar.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 5183111024_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Abstrak.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 5183111024_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 5183111024_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Daftar_Tabel.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 5183111024_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Daftar_Gambar.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 5183111024_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 5183111024_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_BAB_I.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 5183111024_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183111024_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183111024_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (900kB)
![[thumbnail of 5183111024_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_BAB_V.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 5183111024_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of 5183111024_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh serta interaksi antara penggunaan media pembelajaran berbasis Teachmint dan motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-Dasar
Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah yang berjumlah 34 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Teachmint yaitu X DPIB 1 untuk kelas kontrol yaitu X DPIB 2 menggunakan media pembelajaran Konvensional dengan materi spesifikasi dan karakteristik pada kayu. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan angket sebanyak 30 pernyataan yang memenuhi analisis instrumen angket dengan reliabilitas 0,767 serta tes objektif sebanyak 20 soal dengan reliabilitas sebesar 0,885. Pada awal penelitian diberikan angket motivasi, adapun hasil pemberian angket motivasi belajar pada kelas eksperimen diperoleh mean 75, standar deviasi 7,958, dan varians 63,337, serta hasil angket motivasi pada kelas kontrol diperoleh mean 63,65, standar deviasi 9,451 dan variansnya 89,326. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji kolmogrov smirnov, Uji normalitas nilai posttest kelas
eksperimen diperoleh nilai D = 0,126 dan K= 0,242 pada α=0,05. Sementara pada kelas kontrol diperoleh nilai D = 0,090 dan K= 0,242 pada α=0,05. Selanjutnya uji normalitas pada motivasi belajar tinggi diperoleh nilai D = 0,098 dan K= 0,242 pada α=0,05, serta pada motivasi belajar rendah diperoleh nilai D= 0,130 dan K= 0,242 pada α=0,05. Hasil dari setiap uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal.
Berdasarkan hasil perhitungan Anava Faktorial 2x2, pada hipotesis pertama diperoleh nilai Fhitung = 4,968 > Ftabel = 3,989 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti penggunaan media pembelajaran memberi
pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah kelas X. Pada hipotesis kedua diperoleh Fhitung = 5,474 > Ftabel = 3,989 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak
dan Ha diterima yang berarti tingkat motivasi belajar siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah kelas X. Serta hipotesis terakhir diperoleh Fhitung = 3,069 < Ftabel = 3,989 pada taraf signifikan 5%, maka H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan tingkat
motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah kelas X DPIB SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teachmint; Konvensional; Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:49 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63077 |