Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Teachmint Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai

Situmeang, Yehezkiel Decsfrant (2024) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Teachmint Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183111024_Cover.pdf] Text
5183111024_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 5183111024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183111024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 5183111024_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183111024_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5183111024_Abstrak.pdf] Text
5183111024_Abstrak.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5183111024_Daftar_Isi.pdf] Text
5183111024_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 5183111024_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183111024_Daftar_Tabel.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 5183111024_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183111024_Daftar_Gambar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 5183111024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183111024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5183111024_BAB_I.pdf] Text
5183111024_BAB_I.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 5183111024_BAB_II.pdf] Text
5183111024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183111024_BAB_III.pdf] Text
5183111024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183111024_BAB_IV.pdf] Text
5183111024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[thumbnail of 5183111024_BAB_V.pdf] Text
5183111024_BAB_V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 5183111024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183111024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 5183111024_Lampiran.pdf] Text
5183111024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh serta interaksi antara penggunaan media pembelajaran berbasis Teachmint dan motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-Dasar
Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah yang berjumlah 34 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Teachmint yaitu X DPIB 1 untuk kelas kontrol yaitu X DPIB 2 menggunakan media pembelajaran Konvensional dengan materi spesifikasi dan karakteristik pada kayu. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan angket sebanyak 30 pernyataan yang memenuhi analisis instrumen angket dengan reliabilitas 0,767 serta tes objektif sebanyak 20 soal dengan reliabilitas sebesar 0,885. Pada awal penelitian diberikan angket motivasi, adapun hasil pemberian angket motivasi belajar pada kelas eksperimen diperoleh mean 75, standar deviasi 7,958, dan varians 63,337, serta hasil angket motivasi pada kelas kontrol diperoleh mean 63,65, standar deviasi 9,451 dan variansnya 89,326. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji kolmogrov smirnov, Uji normalitas nilai posttest kelas
eksperimen diperoleh nilai D = 0,126 dan K= 0,242 pada α=0,05. Sementara pada kelas kontrol diperoleh nilai D = 0,090 dan K= 0,242 pada α=0,05. Selanjutnya uji normalitas pada motivasi belajar tinggi diperoleh nilai D = 0,098 dan K= 0,242 pada α=0,05, serta pada motivasi belajar rendah diperoleh nilai D= 0,130 dan K= 0,242 pada α=0,05. Hasil dari setiap uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal.
Berdasarkan hasil perhitungan Anava Faktorial 2x2, pada hipotesis pertama diperoleh nilai Fhitung = 4,968 > Ftabel = 3,989 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti penggunaan media pembelajaran memberi
pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah kelas X. Pada hipotesis kedua diperoleh Fhitung = 5,474 > Ftabel = 3,989 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak
dan Ha diterima yang berarti tingkat motivasi belajar siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah kelas X. Serta hipotesis terakhir diperoleh Fhitung = 3,069 < Ftabel = 3,989 pada taraf signifikan 5%, maka H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan tingkat
motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah kelas X DPIB SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teachmint; Konvensional; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:49
Last Modified: 02 Jul 2025 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63077

Actions (login required)

View Item
View Item