Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB Pada Mata Pelajaran Dasar dasar DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Carmelita, Wira (2024) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB Pada Mata Pelajaran Dasar dasar DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203111017_Cover.pdf] Text
5203111017_Cover.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5203111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 5203111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 5203111017_Abstrak.pdf] Text
5203111017_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 5203111017_Daftar_Isi.pdf] Text
5203111017_Daftar_Isi.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 5203111017_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203111017_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 5203111017_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203111017_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5203111017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203111017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 5203111017_BAB_I.pdf] Text
5203111017_BAB_I.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 5203111017_BAB_II.pdf] Text
5203111017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[thumbnail of 5203111017_BAB_III.pdf] Text
5203111017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203111017_BAB_IV.pdf] Text
5203111017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[thumbnail of 5203111017_BAB_V.pdf] Text
5203111017_BAB_V.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 5203111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 5203111017_Lampiran.pdf] Text
5203111017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar DPIB di Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun akademik 2023/2024. Ada siswa yang belum mencapai nilai 70 yang ditetapkan sekolah, yang berarti perlu ada inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research menggunakan empat komponen penelitian tindakan, yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Observasi (observe), Refleksi (reflect). Pada penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan
Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan soal ganda yang mana pada siklus I terdapat 22 butir soal dan pada siklus II sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas test tersebut dan dinyatakan valid, yang dimana pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75.71 sedangkan pada siklus II pertemuan terdapat peningkatan, yaitu diperoleh dengan nilai rata rata 85,17 maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus ke II sebesar 12,4%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar
DPIB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share; Peningkatan Hasil Belajar; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:44
Last Modified: 02 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63073

Actions (login required)

View Item
View Item