Harahap, Siti Maulidinah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar DPIB Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203111023_Cover.pdf
Download (247kB)
5203111023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (664kB)
5203111023_Kata_Pengantar.pdf
Download (802kB)
5203111023_Abstrak.pdf
Download (316kB)
5203111023_Daftar_Isi.pdf
Download (238kB)
5203111023_Daftar_Tabel.pdf
Download (256kB)
5203111023_Daftar_Gambar.pdf
Download (253kB)
5203111023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (339kB)
5203111023_BAB_I.pdf
Download (568kB)
5203111023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (995kB)
5203111023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203111023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (772kB)
5203111023_BAB_V.pdf
Download (308kB)
5203111023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (339kB)
5203111023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Dasar Dasar DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian ini adalah desain
Quasi-Eksperimental. Metode ini digunakan untuk mengukur variabel sebelum dan sesudah untuk melihat hubungan sebab akibat dari fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Index Card Match memberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar ranah kognitif mata Pelajaran Dasar-Dasar DPIB pada unsur Perhitungan Statika Bangunan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match adalah sebesar 88,06, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model Direct instruction yaitu sebesar 61,94. Hal ini juga tercermin pada data penelitian, hasil uji t menunjukkan nilai t sebesar 2,54 dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,670 (t nilai > t tabel). Berdasarkan perbedaan tersebut, baik secara teoritis maupun dibuktikan dengan analisis statistik yang dilakukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match mempunyai pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Prinsip Dasar DPIB di Unsur Statika Bangunan untuk siswa kelas X Program Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Dasar-Dasar DPIB; Index Card Match; Statika Bangunan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:34 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 07:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63070 |
