Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar DPIB Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Harahap, Siti Maulidinah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar DPIB Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203111023_Cover.pdf] Text
5203111023_Cover.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 5203111023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203111023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 5203111023_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203111023_Kata_Pengantar.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of 5203111023_Abstrak.pdf] Text
5203111023_Abstrak.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 5203111023_Daftar_Isi.pdf] Text
5203111023_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 5203111023_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203111023_Daftar_Tabel.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 5203111023_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203111023_Daftar_Gambar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 5203111023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203111023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 5203111023_BAB_I.pdf] Text
5203111023_BAB_I.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 5203111023_BAB_II.pdf] Text
5203111023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[thumbnail of 5203111023_BAB_III.pdf] Text
5203111023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203111023_BAB_IV.pdf] Text
5203111023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[thumbnail of 5203111023_BAB_V.pdf] Text
5203111023_BAB_V.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 5203111023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203111023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 5203111023_Lampiran.pdf] Text
5203111023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Dasar Dasar DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian ini adalah desain
Quasi-Eksperimental. Metode ini digunakan untuk mengukur variabel sebelum dan sesudah untuk melihat hubungan sebab akibat dari fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Index Card Match memberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar ranah kognitif mata Pelajaran Dasar-Dasar DPIB pada unsur Perhitungan Statika Bangunan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match adalah sebesar 88,06, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model Direct instruction yaitu sebesar 61,94. Hal ini juga tercermin pada data penelitian, hasil uji t menunjukkan nilai t sebesar 2,54 dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,670 (t nilai > t tabel). Berdasarkan perbedaan tersebut, baik secara teoritis maupun dibuktikan dengan analisis statistik yang dilakukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match mempunyai pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Prinsip Dasar DPIB di Unsur Statika Bangunan untuk siswa kelas X Program Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Dasar-Dasar DPIB; Index Card Match; Statika Bangunan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:34
Last Modified: 02 Jul 2025 07:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63070

Actions (login required)

View Item
View Item