Siregar, Tiasari (2025) Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Harmoni Dalam Ekosistem. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226182030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Cover.pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of 8226182030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (509kB)
![[thumbnail of 8226182030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Abstrak.pdf
Download (469kB)
![[thumbnail of 8226182030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Kata_Pengantar.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 8226182030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Daftar_Isi.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 8226182030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 8226182030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Daftar_Gambar.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 8226182030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 8226182030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_BAB_I.pdf
Download (427kB)
![[thumbnail of 8226182030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_BAB_V.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of 8226182030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 8226182030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-modul IPAS berbasis Contextual Teaching And Learning untuk siswa kelas V Sekolah Dasar sesuai kebutuhan siswa yang layak, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan E-Modul IPAS dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan dimulai dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Analisis kebutuhan, Uji kelayakan, uji kepraktisan dan keefektifan dilakukan di Sekolah Dasar 105289 Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara dengan subjek penelitian siswa kelas V.A dan V.B Sekolah Dasar 105289 Kolam dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa membutuhkan bahan ajar berbasis terknologi dan model pembelajaran yang sesuai dengan siswa; 2) E-modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan pesersentase sebesar 89,58% dengan kategori sangat layak; 3) E-modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan guru sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis dan persentase kepraktisan siswa sebesar 82% dengan kategori sangat praktis; dan 4) E modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan skor N-Gain tes kelas eksperimen sebesar 0,5 dan kelas kontrol sebesar 0, 1. Sehingga disimpulkan E Modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sir p |
Keywords: | E-Modul, Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, IPAS, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63029 |