Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Harmoni Dalam Ekosistem

Siregar, Tiasari (2025) Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Harmoni Dalam Ekosistem. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182030_Cover.pdf] Text
8226182030_Cover.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8226182030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 8226182030_Abstrak.pdf] Text
8226182030_Abstrak.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 8226182030_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182030_Kata_Pengantar.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 8226182030_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182030_Daftar_Isi.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8226182030_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182030_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8226182030_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182030_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8226182030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8226182030_BAB_I.pdf] Text
8226182030_BAB_I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 8226182030_BAB_II.pdf] Text
8226182030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182030_BAB_III.pdf] Text
8226182030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182030_BAB_IV.pdf] Text
8226182030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182030_BAB_V.pdf] Text
8226182030_BAB_V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 8226182030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 8226182030_Lampiran.pdf] Text
8226182030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-modul IPAS berbasis Contextual Teaching And Learning untuk siswa kelas V Sekolah Dasar sesuai kebutuhan siswa yang layak, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan E-Modul IPAS dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan dimulai dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Analisis kebutuhan, Uji kelayakan, uji kepraktisan dan keefektifan dilakukan di Sekolah Dasar 105289 Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara dengan subjek penelitian siswa kelas V.A dan V.B Sekolah Dasar 105289 Kolam dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa membutuhkan bahan ajar berbasis terknologi dan model pembelajaran yang sesuai dengan siswa; 2) E-modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan pesersentase sebesar 89,58% dengan kategori sangat layak; 3) E-modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan guru sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis dan persentase kepraktisan siswa sebesar 82% dengan kategori sangat praktis; dan 4) E modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan skor N-Gain tes kelas eksperimen sebesar 0,5 dan kelas kontrol sebesar 0, 1. Sehingga disimpulkan E Modul IPAS yang dikembangkan dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sir p
Keywords: E-Modul, Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, IPAS, Model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:19
Last Modified: 02 Jul 2025 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63029

Actions (login required)

View Item
View Item