Rajagukguk, Suryana (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPT SDN 064992 Kec. Medan Amplas. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8236182004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Cover.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 8236182004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (782kB)
![[thumbnail of 8236182004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Abstrak.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 8236182004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236182004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Daftar_Isi.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 8236182004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Daftar_Tabel.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 8236182004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 8236182004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 8236182004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_BAB_I.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 8236182004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236182004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236182004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236182004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_BAB_V.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 8236182004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 8236182004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236182004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengembangan multimedia interaktif yang berbasis Articulate Storyline 3 guna meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan multimedia berdasarkan aspek relevansi, keterlibatan, dan kemudahan penggunaan, serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan pencapaian akademik siswa dengan mengamati perubahan hasil belajar dan pemahaman materi. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model 4D, yang terdiri dari empat tahap, yakni Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Proses validasi dilakukan oleh ahli media, desain, dan materi untuk menilai kelayakan produk yang dihasilkan, sedangkan pengujian empirik dilakukan di kelas IV UPT SDN 064992 dengan melibatkan 25 siswa. Instrumen evaluasi, berupa pretest dan posttest, telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil reliabilitas sebesar 0,880. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 memenuhi kriteria kualitas yang dinilai "layak" sampai “sangat layak”. Penerapan media ini di kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 55,20 menjadi 72,76, yang menunjukkan peningkatan signifikan berdasarkan metode n-gain. Elemen-elemen interaktif seperti kuis dan game edukatif terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa selama proses pembelajaran. Feedback dari guru dan siswa menunjukkan bahwa media ini efektif digunakan meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, seperti navigasi yang perlu diperbaiki dan variasi soal permainan yang bisa ditambah di dalam aplikasi. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, serta memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.374 Raj p |
Keywords: | Multimedia interaktif, Articulate Storyline 3, Pembelajaran IPS, Konstruktivisme, Peningkatan hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63028 |