Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPT SDN 064992 Kec. Medan Amplas

Rajagukguk, Suryana (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPT SDN 064992 Kec. Medan Amplas. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8236182004_Cover.pdf] Text
8236182004_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8236182004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8236182004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 8236182004_Abstrak.pdf] Text
8236182004_Abstrak.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8236182004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8236182004_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8236182004_Daftar_Isi.pdf] Text
8236182004_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 8236182004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8236182004_Daftar_Tabel.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 8236182004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8236182004_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8236182004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8236182004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8236182004_BAB_I.pdf] Text
8236182004_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 8236182004_BAB_II.pdf] Text
8236182004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236182004_BAB_III.pdf] Text
8236182004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236182004_BAB_IV.pdf] Text
8236182004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236182004_BAB_V.pdf] Text
8236182004_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 8236182004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8236182004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 8236182004_Lampiran.pdf] Text
8236182004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengembangan multimedia interaktif yang berbasis Articulate Storyline 3 guna meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan multimedia berdasarkan aspek relevansi, keterlibatan, dan kemudahan penggunaan, serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan pencapaian akademik siswa dengan mengamati perubahan hasil belajar dan pemahaman materi. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model 4D, yang terdiri dari empat tahap, yakni Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Proses validasi dilakukan oleh ahli media, desain, dan materi untuk menilai kelayakan produk yang dihasilkan, sedangkan pengujian empirik dilakukan di kelas IV UPT SDN 064992 dengan melibatkan 25 siswa. Instrumen evaluasi, berupa pretest dan posttest, telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil reliabilitas sebesar 0,880. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 memenuhi kriteria kualitas yang dinilai "layak" sampai “sangat layak”. Penerapan media ini di kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 55,20 menjadi 72,76, yang menunjukkan peningkatan signifikan berdasarkan metode n-gain. Elemen-elemen interaktif seperti kuis dan game edukatif terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa selama proses pembelajaran. Feedback dari guru dan siswa menunjukkan bahwa media ini efektif digunakan meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, seperti navigasi yang perlu diperbaiki dan variasi soal permainan yang bisa ditambah di dalam aplikasi. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, serta memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.374 Raj p
Keywords: Multimedia interaktif, Articulate Storyline 3, Pembelajaran IPS, Konstruktivisme, Peningkatan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:08
Last Modified: 02 Jul 2025 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63028

Actions (login required)

View Item
View Item