Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI Dalam Membuat Desain Poster Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Sitorus, M Fauzan Ihsan (2024) Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI Dalam Membuat Desain Poster Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2173151008_Cover.pdf] Text
2173151008_Cover.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 2173151008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2173151008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 2173151008_Abstrak.pdf] Text
2173151008_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 2173151008_Kata_Pengantar.pdf] Text
2173151008_Kata_Pengantar.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 2173151008_Daftar_Isi.pdf] Text
2173151008_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 2173151008_Daftar_Tabel.pdf] Text
2173151008_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 2173151008_Daftar_Gambar.pdf] Text
2173151008_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 2173151008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2173151008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 2173151008_BAB_I.pdf] Text
2173151008_BAB_I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 2173151008_BAB_II.pdf] Text
2173151008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[thumbnail of 2173151008_BAB_III.pdf] Text
2173151008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of 2173151008_BAB_IV.pdf] Text
2173151008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2173151008_BAB_V.pdf] Text
2173151008_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 2173151008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2173151008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 2173151008_Lampiran.pdf] Text
2173151008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa-siswi SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Medan dalam membuat desain poster menggunakan aplikasi canva, untuk mengetahui peningkatan hasil karya siswa dalam membuat desain poster akan dianalisis berdasarkan prinsip desain grafis diantaranya adalah tipografi, warna, layout, dan kesesuaian gambar dengan tema (unity). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode dengan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan mendeskripsikan keadaan objek yang diteliti secara murni dan apa adanya. Sasaran penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 karya siswa, namun akan dibatasi dan ditampilkan menjadi 5 karya siswa berdadasarkan keterangan penilai (sangat baik, baik, dan cukup), dari ketiga kategori penilaian tersebut akan ditampilkan masing-masing 5 hasil karya siswa yang menunjukkan peningkatan hasil belajar membuat desain poster menggunakan aplikasi canva. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dan teknik pengumpulan menggunakan lembar penilaian karya dan kamera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya poster siswa menggunakan aplikasi Canva memiliki nilai keseluruhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Photoshop, yaitu 1898 dengan rata-rata 79 (Baik), sementara Photoshop hanya mencapai 1637 dengan rata-rata 68 (Cukup). Pada tiap indikator penilaian, Canva unggul dalam tipografi (82), warna (83), layout (77), dan unity (74), dibandingkan dengan Photoshop yang memperoleh masing-masing nilai 72, 72, 66, dan 63. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Canva dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menciptakan karya poster

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan canva pada siswa; desain grafis; poster; aplikasi canva; tipografi; warna; layout
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:14
Last Modified: 01 Jul 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63020

Actions (login required)

View Item
View Item