Susiwi, Indriani (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 106178 BATANG KUIS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311042 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
109311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
109311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
109311042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
109311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
109311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311042 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
109311042 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran IPS karena guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Serta guru kurang memberikan motivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 106178 Batang Kusi T.A 2012/2013.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan materi ajar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa/i kelas V SD yang berjumlah 36 orang siswa dengan 13 orang laki – laki dan 23 orang perempuan. Adapaun teknik pengunpulan data adalah melalui test dan lembar observasi hasil belajar siswa untuk mengetahui hasil belajara siswa dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 36 orang siswa pada Kondisi Awal tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 8 siswa (20%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 53. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan pembelajaran Team Games Tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 20 orang siswa (55,56%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 65,83. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan pembelajaran Team Games Tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 33 orang siswa (91,7%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 86,11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106178 Batang Kuis pada pelajaran IPS dalam materi ajar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sus u |
Keywords: | Hasil Belajar; Model; Pembelajaran; Kooperatif; Team Game; Tournament; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6298 |