Nasution, Siti Aisyah (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Applikasi FlipaClip Untuk Meniingkatkan Kemampuan berbicara Siswa Mas Yaspi Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2172131005_Cover.pdf
Download (284kB)
2172131005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2172131005_Abstrak.pdf
Download (475kB)
2172131005_Kata_Pengantar.pdf
Download (312kB)
2172131005_Daftar_Isi.pdf
Download (288kB)
2172131005_Daftar_Tabel.pdf
Download (259kB)
2172131005_Daftar_Gambar.pdf
Download (258kB)
2172131005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (443kB)
2172131005_BAB_I.pdf
Download (506kB)
2172131005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (975kB)
2172131005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (645kB)
2172131005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2172131005_BAB_V.pdf
Download (286kB)
2172131005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (425kB)
2172131005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pada pembelajaran bahasa
Prancis di SMA dengan menggunakan aplikasi FlipaClip pada materi l'heure en
français untuk siswa kelas XI dan untuk mengetahui kelayakan media
pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan
menggunakan metode pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi menjadi dari
5 tahap yaitu menganalisis masalah, mendesain produk, mengembangkan media,
memvalidasi desain produk dan revisi desain produk. Tahapan dalam penelitian
ini diawali dengan mengumpulkan informasi dan menganalisis kebutuhan,
merancang dan membuat materi pembelajaran, serta memvalidasinya kepada ahli
materi dan ahli media. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar
penilaian untuk validator. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
analisis deskriptif. Hasil uji validasi oleh ahli materi adalah 80 % sedangkan ahli
media adalah 94.5%. Hasil validasi materi termasuk dalam kategori “baik” dan
hasil dari validasi media termasuk kategori “sangat baik”. Media juga telah diuji
kelayakan oleh siswa dan memperoleh nilai 92,4% termasuk dalam kategori
“sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran
bahasa Prancis di SMA.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengembangan; media pembelajaran; Video Animasi; bahasa Prancis |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:47 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 07:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62970 |
