Billah, Hasan Arief (2024) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sweet Home Design 3D Dengan Aplikasi Sketch-Up 3D Pada Mata Pelajaran APLPIG di SMKN 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193311009_Cover.pdf
Download (52kB)
5193311009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
5193311009_Kata_Pengantar.pdf
Download (146kB)
5193311009_Abstrak.pdf
Download (78kB)
5193311009_Daftar_Isi.pdf
Download (222kB)
5193311009_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
5193311009_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
5193311009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (194kB)
5193311009_BAB_I.pdf
Download (448kB)
5193311009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
5193311009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193311009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193311009_BAB_V.pdf
Download (245kB)
5193311009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (144kB)
5193311009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan media pembelajaran Sweet Home Design 3D dan media pembelajaran Sketch-Up 3D pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan. Berdasarkan nilai ujian akhir semester pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini
dilakukan pada semester Ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Sweet Home Design 3D dengan media
pembelajaran Sketch-Up 3D. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang sudah dinyatakan valid dan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Sweet Home Design 3D memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi
daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Sketch-Up 3D begitu juga dengan hasil nilai lembar kerja peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian dengan nilai rata-rata sebesar 71,98 pada media pembelajaran Sweet Home Design 3D dan nilai rata-rata sebesar 64,71 pada media pembelajaran Sketch-Up 3D. Perbedaan hasil belajar dan teknik gambar desain pada media pembelajaran Sweet Home Design 3D. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan independent sample t test melalui Aplikasi SPSS versi 23 yang menunjukkan nilai t pada t-test for Equality of Means sebesar 2,764 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,673. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis maka H0 ditolak karena t hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan media pembelajaran Sweet Home Design 3D dan Sketch-Up 3D.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Sweet Home Design 3D; Sketch-Up 3D; Hasil Belajar; Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:29 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 07:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62963 |
