Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB Pada Mata Pelajaran DPIB Pada Elemen Gambar Teknik Di SMK Negeri 2 Binjai

Manullang, Fransiskus (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB Pada Mata Pelajaran DPIB Pada Elemen Gambar Teknik Di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192411001_Cover.pdf] Text
5192411001_Cover.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 5192411001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192411001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192411001_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192411001_Kata_Pengantar.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 5192411001_Abstrak.pdf] Text
5192411001_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 5192411001_Daftar_Isi.pdf] Text
5192411001_Daftar_Isi.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 5192411001_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192411001_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 5192411001_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192411001_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5192411001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192411001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 5192411001_BAB_I.pdf] Text
5192411001_BAB_I.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 5192411001_BAB_II.pdf] Text
5192411001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192411001_BAB_III.pdf] Text
5192411001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192411001_BAB_IV.pdf] Text
5192411001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192411001_BAB_V.pdf] Text
5192411001_BAB_V.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 5192411001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192411001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 5192411001_Lampiran.pdf] Text
5192411001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang diajar dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Model Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran DPIB Elemen Gambar Teknik
Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Binjai. Berdasarkan nilai ulangan akhir semester Mata Pelajaran DPIB Elemen Gambar Teknik siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Binjai masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai KKM sehingga peneliti
melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran
Contextual Teaching Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian dengan rata - rata sebesar 85,43 pada model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan nilai rata - rata 65,64 pada model pembelajaran Konvensional. Perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran Contextual Teaching Learning dibuktikan dengan perhitungan menggunakan independent sample t test melalui program SPSS versi 23 menunjukkan bahwa nilai t pada t - test for Equality of Means sebesar 2,927 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,669. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis maka H0 ditolak karena t hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X DPIB Pada Mata Pelajaran DPIB Elemen Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Contextual Teaching Learning; Konvensional; Hasil Belajar Siswa; Gambar Teknik
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:27
Last Modified: 30 Jun 2025 05:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62957

Actions (login required)

View Item
View Item