Hutagalung, Nauli Nami (2024) Pengembangan Materi pembelajaran Réception Écrite Débutante menggunakan media Live Worksheets. Undergraduate thesis, UNIMED.
2181131013_Cover.pdf
Download (177kB)
2181131013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (694kB)
2181131013_Abstrak.pdf
Download (181kB)
2181131013_Kata_Pengantar.pdf
Download (138kB)
2181131013_Daftar_Isi.pdf
Download (129kB)
2181131013_Daftar_Tabel.pdf
Download (126kB)
2181131013_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
2181131013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (98kB)
2181131013_BAB_I.pdf
Download (338kB)
2181131013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (948kB)
2181131013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (650kB)
2181131013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (564kB)
2181131013_BAB_V.pdf
Download (156kB)
2181131013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (62kB)
2181131013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa semester
pertama dalam mengikuti materi "Prépositions de lieu", terbatasnya materi
pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta tantangan dalam
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran bahasa. Metode Research and
Development (R&D) digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran
interaktif menggunakan media pembelajaran berbasis Live Worksheets, dengan
fokus pada tema "Découvrir une Ville". Produk akhir berupa materi presentasi
yang mencakup tujuan pembelajaran, deskripsi materi, contoh soal, konten
audiovisual, dan gambar, mengikuti model ADDIE yang melibatkan analisis,
desain, pengembangan. Hasil penelitian: 1. Proses pengembangan materi
pembelajaran dengan model ADDIE melalui 3 tahap. Analisis, desain dan
pengembangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari sebaran survei analisis
kebutuhan di kalangan mahasiswa pengajaran bahasa Perancis semester 1. Dari
total 34 siswa, 74,2% melaporkan kesulitan mendengarkan, khususnya saat
mempelajari Découvri rune ville. 100% siswa yakin dengan adanya gambar,
video dan audio. 2. a) Hasil penilaian ahli materi menunjukkan bahwa materi
pembelajaran yang dihasilkan layak untuk diujikan. Berdasarkan penilaian ahli
materi, penyajian materi pembelajaran yang dirancang memperoleh skor 90%
tergolong “Sangat Baik” b) Hasil evaluasi ahli media menunjukkan bahwa
materi pembelajaran yang dihasilkan layak diuji coba dengan revisi seperti yang
disarankan. Berdasarkan penilaian ahli media, penyajian materi pembelajaran
yang dirancang memperoleh penilaian 85,7% dinilai “Baik”
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Live Worksheets; Pengembangan Materi; Les Préposition des Lieu |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:28 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 04:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62939 |
