Hartanti, Annisa (2024) Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Perawatan Rambut (Creambath) Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193144024_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Cover.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 5193144024_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (695kB)
![[thumbnail of 5193144024_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Kata_Pengantar.pdf
Download (379kB)
![[thumbnail of 5193144024_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Abstrak.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 5193144024_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Daftar_Isi.pdf
Download (272kB)
![[thumbnail of 5193144024_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Daftar_Tabel.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 5193144024_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Daftar_Gambar.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of 5193144024_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (463kB)
![[thumbnail of 5193144024_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_BAB_I.pdf
Download (579kB)
![[thumbnail of 5193144024_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 5193144024_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193144024_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (684kB)
![[thumbnail of 5193144024_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_BAB_V.pdf
Download (464kB)
![[thumbnail of 5193144024_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
![[thumbnail of 5193144024_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa dalam
mendiagnosa rambut yang tepat, kurangnya pengetahuan siswa tentang
membedakan jenis-jenis rambut, siswa belum memahami tentang pengetahuan
lima macam gerakan dasar pengurutan (massage), siswa belum dapat
membedakan antara gerakan pengurutan friction (menggosok) dan petrisage
(mencubit), kurangnya pengetahuan siswa dalam menentukan jenis kosmetik yang
sesuai dengan jenis rambut, dan siswa masih belum dapat menerapkan langkah
kerja perawatan rambut (creambath) yang tepat. Tujuan dari penelitian ini,
diantaranya: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang
diberikan media pembelajaran video tutorial pada materi perawatan rambut
(creambath) di SMK Pariwisata Imelda Medan, (2) untuk mengetahui hasil belajar
siswa kelas kontrol yang diberikan media pembelajaran PowerPoint pada materi
pelajaran perawatan rambut (creambath) di SMK Pariwisata Imelda Medan, (3)
untuk mengetahui pengaruh media video tutorial terhadap hasil belajar perawatan
rambut (creambath) pada siswa kelas X tata kecantikan di SMK Pariwisata Imelda
Medan.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 siswa yang dibagi
menjadi dua kelompok: 30 siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media
video tutorial dan 30 siswa di kelas kontrol yang menggunakan media powerpoint.
Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental design. Instrumen
penelitian berupa tes yang terdiri dari empat puluh pertanyaan pilihan ganda yang
telah divalidasi dan diuji. Tiga metode analisis data digunakan: uji homogenitas,
uji normalitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan media video tutorial pada kelas eksperimen sebesar 85,66 berada
pada kategori baik, sedangkan nilai rata - rata hasil belajar siswa yang
menggunakan media powerpoint pada kelas kontrol sebesar 67,08 berada pada
kategori lebih dari cukup. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar -
5,612 dan t tabel sebesar 2,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media video tutorial terbukti berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa
pada materi perawatan rambut (creambath).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT495 Human body and its parts. Personal beauty |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62846 |