Sari, Melvi Nopita (2024) Pengaruh Rangsang Audio Visual Terhadap Penciptaan Tari Batak Toba Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kisaran. Undergraduate thesis, UNIMED.
2183141020_Cover.pdf
Download (228kB)
2183141020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (898kB)
2183141020_Abstrak.pdf
Download (296kB)
2183141020_Kata_Pengantar.pdf
Download (84kB)
2183141020_Daftar_Isi.pdf
Download (310kB)
2183141020_Daftar_Tabel.pdf
Download (280kB)
2183141020_Daftar_Gambar.pdf
Download (283kB)
2183141020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (204kB)
2183141020_BAB_I.pdf
Download (784kB)
2183141020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2183141020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (839kB)
2183141020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2183141020_BAB_V.pdf
Download (280kB)
2183141020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (368kB)
2183141020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh
rangsang audio visual terhadap penciptaan tari Kreasi Batak Toba pada siswa
kelas XI di SMA Negeri 1 Kisaran. Teori yang dijadikan pedoman dalam
penelitian ini adalah teori pengaruh (Surakhmad, 2015:11), teori audio visual
(Djamarah, 2010:124), teori penciptaan (Wisnu Wardana, 1984:26), tari kreasi,
tari Batak Toba. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kisaran, sedangkan
sampelnya adalah 35 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Kisaran. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar, wawancara
dan dokumentasi. Hasil dari uji t yaitu nilai sig. 0.000 < 0.05 dan t hitung 97.207
> t tabel 2.034, yang dapat diartikan bahwa hipotesis diterima (Ha). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rangsang audio visual berpengaruh terhadap
penciptaan tari kreasi Batak Toba pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kisaran.
Peningkatan nilai rata-rata siswa dari 59,77 menjadi 87,89. Kemudian tingkat
determinasi atau sumbangan efektif dari rangsang audio visual terhadap
penciptaan sebesar 0,921 yang artinya rangsang audio visual memiliki sumbangan
efektif sebesar 92.1%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Rangsang Audiovisual; Penciptaan Tari; Kreasi Batak Toba |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:01 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 03:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62826 |
