PENGARUH PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU

Sihombing, Lusiana (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121062_Cover.pdf] Text
4203121062_Cover.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4203121062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4203121062_Abstrak.pdf] Text
4203121062_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4203121062_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121062_Kata_Pengantar.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4203121062_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121062_Daftar_Isi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4203121062_BAB_I.pdf] Text
4203121062_BAB_I.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4203121062_BAB_II.pdf] Text
4203121062_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[thumbnail of 4203121062_BAB_III.pdf] Text
4203121062_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of 4203121062_BAB_IV.pdf] Text
4203121062_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[thumbnail of 4203121062_BAB_V.pdf] Text
4203121062_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4203121062_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121062_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4203121062_Lampiran.pdf] Text
4203121062_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kemampuan literasi sains melalui penerapan strategi pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 1 Siempatnempu. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian kuantitatif. Jenis penelitian bersifat quasi experiment, yang melibatkan kelas X MIA 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan strategi RQA dan kelas X MIA 1 sebanyak 30 sisiwa sebagai kelompok kontrol dengan strategi ekspositori. Desain Penelitian ini yakni Two Group (Pre-test dan Post-test) untuk tes kemampuan literasi sains, sedangkan angket/kuisioner untuk tes motivasi belajar. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t), didapatkan rata-rata motivasi awal sebesar 44,83 dan rata-rata motivasi akhir 80,43. Sedangkan pada pretest kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen sebesar 37, rata-rata posttest sebesar 83,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA), terhadap motivasi belajar dan kemampuan literasi sains pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi belajar; Literasi sains; Pembelajaran ekspositori; Energi; Usaha; Reading questioning and answering
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:53
Last Modified: 26 Jun 2025 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62822

Actions (login required)

View Item
View Item