Dewi, Gita Andini Fita (2024) Pengemasan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi TorTor Ija Juma Tidahan Berbasis High Other Thinking Skills (HOTS) Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Undergraduate thesis, UNIMED.
2192141001_Cover.pdf
Download (42kB)
2192141001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2192141001_Abstrak.pdf
Download (100kB)
2192141001_Kata_Pengantar.pdf
Download (199kB)
2192141001_Daftar_Isi.pdf
Download (100kB)
2192141001_Daftar_Tabel.pdf
Download (118kB)
2192141001_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
2192141001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
2192141001_BAB_I.pdf
Download (396kB)
2192141001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (552kB)
2192141001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (430kB)
2192141001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2192141001_BAB_V.pdf
Download (62kB)
2192141001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (133kB)
2192141001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis HOTS
sesuai dengan KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam
gerak TorTor Ija Juma Tidahan untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas.
Tahapan yang digunakan untuk membuat LKPD ini menggunakan teori menurut
Andi Prastowo (2012 :112–114) dengan mengacu pada model pengembangan 4-D
(Four D) oleh Thiagarajan (Surtati& Irawan2017). Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian pengembangan berjenis Research and
Development (R&D). Lokasi penelitian dilaksanakan di sanggar Marilah
Simalungun dan halaman Digital Library Universitas Negeri Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah Tortor Ija Juma Tidahan, Seorang seniman
Simalungun yang memahami Tortor Ija Juma Tidahan, dan penari sanggar
Marilah. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah seorang seniman
Simalungun yang memahami Tortor Ija Juma Tidahan dan dua orang penari yang
memvisiualisasikan gerak Tortor Ija Juma Tidahan. Hasil penelitian berupa
produk LKPD berbasis HOTS dengan jumlah soal sebaanyak 35 yang terdistribusi
dalam materi konsep yang meliputi (pengertian, sejarah, sinopsis, fungsi, tata
busana dan tata rias, dan musik iringan tari), Teknik meliputi ( posisi tangan, kaki,
kepala dan posisi badan) dan prosedur meliputi (bentuk penyajian) Pengemasan
LKPD ini telah diuji kelayakannya oleh ahli media dan memperoleh nilai rata-rata
4,8 dan uji kelayakan materi dengan nilai rata-rata 4,7. Dari perolehan skor
tersebut, maka LKPD ini layak untuk dijadikan bahan ajar seni budaya untuk
Sekolah Menengah Atas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; Tortor Ija Juma Tidahan; High Other Thinking Skills |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:48 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 02:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62821 |
