Batubara, Kithara (2024) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Keamanan Pangan (Sanitasi, Hygiene, Dan Keselamatan Kerja) Kelas X Tata Boga Di SMK Putra Anda Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5172142008_Cover.pdf
Download (260kB)
5172142008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (583kB)
5172142008_Kata_Pengantar.pdf
Download (406kB)
5172142008_Abstrak.pdf
Download (361kB)
5172142008_Daftar_Isi.pdf
Download (595kB)
5172142008_Daftar_Tabel.pdf
Download (230kB)
5172142008_BAB_I.pdf
Download (402kB)
5172142008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5172142008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (669kB)
5172142008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (593kB)
5172142008_BAB_V.pdf
Download (241kB)
5172142008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (387kB)
5172142008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada pelajaran keamanan pangan yang video pembelajaran. 2) Hasil belajar siswa yang menggunakan power point. 3) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran
terhadap hasil belajar keamanan pangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental. Lokasi penelitian di SMK Putra Anda Binjai di Jalan W.R. Mongonsidi No. 22, Kota Binjai, Sumatera Utara. Waktu pelaksanaan penelitian di
pada Semester Genap/II tahun pelajaran 2024 yaitu pada bulan Juni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara random kelas. Sampel penelitian ini
adalah X TB 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan X TB 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Teknik analisis data secara deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan
analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada pelajaran keamanan pangan yang menggunakan video pembelajaran termasuk dalam kategori cenderung tinggi sebesar 63,33 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada pelajaran keamanan pangan yang menggunakan power point termasuk kategori cenderung cukup sebesar 63,33
persen. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran keamanan pangan dengan nilai thitung > ttabel (2 > 1,67), pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran keamanan pangan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; power point; media video |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:39 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 03:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62770 |
