Pengaruh Penggunaan Metode Global Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Warga Belajar Di Rumah Belajar Pintar Desa Klambir Lima Kebun

Ardini, Ayu Iga (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Global Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Warga Belajar Di Rumah Belajar Pintar Desa Klambir Lima Kebun. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203171007_Cover.pdf] Text
1203171007_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203171007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203171007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 1203171007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203171007_Kata_Pengantar.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203171007_Abstrak.pdf] Text
1203171007_Abstrak.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1203171007_Daftar_Isi.pdf] Text
1203171007_Daftar_Isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1203171007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203171007_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1203171007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203171007_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203171007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203171007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1203171007_BAB_I.pdf] Text
1203171007_BAB_I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1203171007_BAB_II.pdf] Text
1203171007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[thumbnail of 1203171007_BAB_III.pdf] Text
1203171007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[thumbnail of 1203171007_BAB_IV.pdf] Text
1203171007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203171007_BAB_V.pdf] Text
1203171007_BAB_V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1203171007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203171007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1203171007_Lampiran.pdf] Text
1203171007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tujuan utama, yaitu: pertama, menganalisis penerapan metode global dalam meningkatkan kemampuan membaca warga belajar di Rumah Belajar Pintar Desa Klambir Lima Kebun; kedua, menganalisis sejauh mana peningkatan kemampuan membaca warga belajar yang dapat dicapai melalui penerapan metode global di tempat tersebut; dan ketiga, menganalisis pengaruh metode global terhadap peningkatan kemampuan membaca warga belajar di Rumah Belajar Pintar Desa Klambir Lima Kebun. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 25 orang warga belajar yang diambil dengan metode total sampling, sehingga seluruh populasi yang ada dijadikan sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan menggunakan dua instrumen utama, yaitu angket dan lembar observasi, untuk memperoleh informasi yang akurat dan relevan terkait penerapan metode global serta dampaknya terhadap kemampuan membaca warga belajar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier untuk besarnya pengaruh metode global terhadap kemampuan membaca warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode global terhadap peningkatan kemampuan membaca warga belajar, dengan nilai pengaruh sebesar 4,791. Sehingga hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode global memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam membantu warga belajar meningkatkan kemampuan membaca mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada para pendidik untuk lebih aktif dan konsisten dalam menerapkan metode global sebagai salah satu pendekatan pembelajaran membaca bagi warga belajar. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan membaca warga belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan membaca; Warga belajar; Rumah belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:07
Last Modified: 23 Jun 2025 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62656

Actions (login required)

View Item
View Item