KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA KLAMBIR LIMA KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Kurniawan, Agung (2025) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA KLAMBIR LIMA KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203311011_Cover.pdf] Text
3203311011_Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 3203311011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203311011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 3203311011_Abstrak.pdf] Text
3203311011_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 3203311011_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203311011_Kata_Pengantar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 3203311011_Daftar_Isi.pdf] Text
3203311011_Daftar_Isi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 3203311011_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203311011_Daftar_Gambar.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 3203311011_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203311011_Daftar_Tabel.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 3203311011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203311011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 3203311011_BAB_I.pdf] Text
3203311011_BAB_I.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of 3203311011_BAB_II.pdf] Text
3203311011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[thumbnail of 3203311011_BAB_III.pdf] Text
3203311011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[thumbnail of 3203311011_BAB_IV.pdf] Text
3203311011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203311011_BAB_V.pdf] Text
3203311011_BAB_V.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 3203311011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203311011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 3203311011_Lampiran.pdf] Text
3203311011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas pelayanan publik di Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak dan faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di desa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif, dengan subjek penelitian Kepala Desa, Sekretaris Desa, staff pelayanan umum dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya
keterbukaan sarana informasi kepada masyarakat, transparansi dan akuntabilitas terhadap prosedur pelayanan di desa, dan tanggung jawab perangkat desa dalam memberikan layanan. Berdasarkan lima indikator untuk melihat kualitas palayanan
publik di Desa Klambir Lima Kebun, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berwujud (tangible) sebagian besar masyarakat menilai bahwa fasilitas pelayanan administrasi di desa sudah memadai dalam memenuhi kebutuhan masyarakat meskipun ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan seperti ruang kantor tampak kecil, akses pintu masuk kurang leluasa serta kurangnya ventilasi pendingin ruangan. (2) Kehandalan (Reliability): perangkat desa sudah memberi
pelayanan tepat waktu tanpa adanya penundaan. Hal ini terlihat dalam pengurusan surat izin usaha dan domisili dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1-2 hari. (3)
Daya Tanggap (Responsiveness): Perangkat desa sudah memberikan layanan yang cepat dan tanggap dan selalu mengkomunikasikan prosedur yang memungkinkan masyarakat mengurus dokumen surat keterangan mandah, dan surat kepemilikan tanah. Adanya tanggapan informasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat (4) Jaminan (Assurance): Perangkat desa sudah memiliki komitmen dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat dengan adil dan menetapkan prosedur
yang jelas agar masyarakat mudah mengakses layanan di desa, seperti pembuatan surat keterangan dapat diselesaikan dalam waktu 1-3 hari. (5) Empati (Empathy): perangkat desa sudah menunjukkan rasa peduli dan perhatian cukup baik, Sehingga
perangkat desa selalu memberi arahan dan solusi untuk membantu masyarakat dalam melengkapi dokumen agar tidak terjadinya kesalahan atau miskomunikasi.
Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di desa memiliki komitmen termasuk staf pelayanan umum dan kepala desa, untuk meningkatkan pelayanan publik. adalah masih memerlukan peningkatan dalam beberapa aspek, yakni
koordinasi antar perangkat desa dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:00
Last Modified: 19 Jun 2025 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62552

Actions (login required)

View Item
View Item