Pengembangan Materi Teks Biografi Berbasis Gender Berbantuan Aplikasi Moodle untuk Siswa Kelas X SMK Taruna Maritim Dirgantara

Erawati, Ariska (2024) Pengembangan Materi Teks Biografi Berbasis Gender Berbantuan Aplikasi Moodle untuk Siswa Kelas X SMK Taruna Maritim Dirgantara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216192003_Cover.pdf] Text
8216192003_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8216192003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216192003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of 8216192003_Abstrak.pdf] Text
8216192003_Abstrak.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 8216192003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216192003_Kata_Pengantar.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8216192003_Daftar_Isi.pdf] Text
8216192003_Daftar_Isi.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 8216192003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216192003_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 8216192003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216192003_Daftar_Gambar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8216192003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216192003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8216192003_BAB_I.pdf] Text
8216192003_BAB_I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 8216192003_BAB_II.pdf] Text
8216192003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[thumbnail of 8216192003_BAB_III.pdf] Text
8216192003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 8216192003_BAB_IV.pdf] Text
8216192003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 8216192003_BAB_V.pdf] Text
8216192003_BAB_V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 8216192003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216192003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 8216192003_Lampiran.pdf] Text
8216192003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall untuk mengetahui (1) proses pengembangan materi teks biografi berbasis gender berbantuan aplikasi moodle, (2) bentuk materi ajar, (3) kelayakan materi ajar, (4) keefektifan materi ajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mengembangkan materi ajar dengan proses 10 tahapan berjalan dengan baik dan sesuai model pengembangan Borg and Gall, (2) bentuk produk berupa e modul teks biografi berbasis gender memiliki tampilan dan isi yang berbeda, (3) kelayakan materi ajar teks biografi dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa, memperoleh skor rata-rata 88% dengan kriteria “sangat layak”, ahli desain yang meliputi aspek kelayakan kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria “sangat layak”. Uji skala kecil memperoleh skor rata rata 81% dengan kriteria “sangat layak”. Uji coba skala besar memperoleh skor rata-rata 94,25% dengan kriteria “sangat layak”, (4) keefektifan materi teks biografi berbasis gender berbantuan aplikasi moodle menunjukkan peningkatan dari hasil pretes 69 menjadi hasil postes 95. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan materi ajar teks biografi berbasis gender dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) bahan ajar yang dikembangkan memberikan sumbang praktis dalam pelaksanaan pembelajaran, (2) materi ajar yang dikembangkan dapat menambah ilmu pengetahuan pada guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna, (3) materi ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendamping pada materi teks biografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.066 Era p
Keywords: Materi teks biografi, berbasis gender, aplikasi moodle, elektronik modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:47
Last Modified: 19 Jun 2025 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62527

Actions (login required)

View Item
View Item