Zandroto, Weni Ayu Sunita (2025) Penerapan Manajemen Pelatihan Kode Etik Guru Menggunakan Model ADDIE Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8236131002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Cover.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of 8236131002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236131002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Abstrak.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 8236131002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Kata_Pengantar.pdf
Download (697kB)
![[thumbnail of 8236131002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Daftar_Isi.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 8236131002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Daftar_Tabel.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of 8236131002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Daftar_Gambar.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 8236131002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 8236131002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236131002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8236131002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 8236131002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8236131002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_BAB_V.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 8236131002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (827kB)
![[thumbnail of 8236131002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236131002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengembangkan model manajemen pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan kode etik guru dan kompetensi kepribadian guru, (2) Untuk mengembangkan model manajemen pelatihan kode etik guru, (3) Untuk menganalisis kepraktisan model manajemen pelatihan kode etik guru. (4) Untuk menganalisis efektifitas model manajemen pelatihan kode etik guru. Penelitian ini menggunakan metodologi Research & Development (R&D) fokus penerapan dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah 40 dan 20 sebagai sampel, dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif meliputi uji validitas, uji normalitas, uji t-sampel berpasangan, dan uji skor N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi faktual penerapan manajemen pelatihan kode etik guru dapat meningkatkan kompetensi kepribadian guru serta pelatihan kode etik guru memiliki karakteristik berupa pedoman sikap dan aturan yang dapat melindungi profesi guru (2) hasil validasi modul dan panduan pelatihan terlah teruji diterima berdasarkan analisis validator, uji statistic SPSS, (3) efektivitas pelatihan kode etik guru menunjukkan sangat efektif dalam meningkatkan kegiatan manajemen akademik di SMA Unggul Del, dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,84 dengan kategori sangat tinggi dan persentase sebesar 84.75 %, (4)hasil uji kepraktisan dengan mempertimbangkan Raw Input, Instrumental Input dan Environmental Input adalah maksimal teruji praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Zan p |
Keywords: | Manajemen Pelatihan, ADDIE, Kode Etik Guru, Kompetensi Kepribadian Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:41 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62490 |