Fransisca, Yuliana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193111003_Cover.pdf
Download (272kB)
5193111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (394kB)
5193111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (317kB)
5193111003_Abstrak.pdf
Download (343kB)
5193111003_Daftar_Isi.pdf
Download (350kB)
5193111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (267kB)
5193111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (265kB)
5193111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (236kB)
5193111003_BAB_I.pdf
Download (539kB)
5193111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
5193111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (861kB)
5193111003_BAB_V.pdf
Download (236kB)
5193111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (275kB)
5193111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss,
Explain, Create) dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran TCL (Teacher Centered Learning) pada mata pelajaran Konstruksi
Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian
ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada semester genap Tahun
Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI DPIB 2
dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang untuk model pembelajaran RADEC dan
kelas XI DPIB 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang untuk model
pembelajaran TCL. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
kuasi eksperimen yang membandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran TCL.
Uji persyaratan normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji varians terbesar berbanding varians terkecil. Teknik analisis data menggunakan Uji t satu pihak dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar secara signifikan pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran RADEC dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran TCL. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis statistik yang menunjukan thitung 3,024 > ttabel 1,671. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RADEC lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model TCL. Dilihat dari rata-rata hasil
belajar yang diajar dengan model RADEC adalah 81,06 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran TCL adalah 71,26.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | RADEC; TCL, Hasil Belajar; Konstruksi Jalan; Jembatan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 09:00 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 09:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62468 |
