Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Fransisca, Yuliana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193111003_Cover.pdf] Text
5193111003_Cover.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 5193111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 5193111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 5193111003_Abstrak.pdf] Text
5193111003_Abstrak.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 5193111003_Daftar_Isi.pdf] Text
5193111003_Daftar_Isi.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 5193111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 5193111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 5193111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 5193111003_BAB_I.pdf] Text
5193111003_BAB_I.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 5193111003_BAB_II.pdf] Text
5193111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193111003_BAB_III.pdf] Text
5193111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[thumbnail of 5193111003_BAB_IV.pdf] Text
5193111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[thumbnail of 5193111003_BAB_V.pdf] Text
5193111003_BAB_V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 5193111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 5193111003_Lampiran.pdf] Text
5193111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss,
Explain, Create) dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran TCL (Teacher Centered Learning) pada mata pelajaran Konstruksi
Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian
ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada semester genap Tahun
Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI DPIB 2
dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang untuk model pembelajaran RADEC dan
kelas XI DPIB 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang untuk model
pembelajaran TCL. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
kuasi eksperimen yang membandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran TCL.
Uji persyaratan normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji varians terbesar berbanding varians terkecil. Teknik analisis data menggunakan Uji t satu pihak dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar secara signifikan pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran RADEC dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran TCL. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis statistik yang menunjukan thitung 3,024 > ttabel 1,671. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RADEC lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model TCL. Dilihat dari rata-rata hasil
belajar yang diajar dengan model RADEC adalah 81,06 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran TCL adalah 71,26.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: RADEC; TCL, Hasil Belajar; Konstruksi Jalan; Jembatan
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 18 Jun 2025 09:00
Last Modified: 18 Jun 2025 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62468

Actions (login required)

View Item
View Item