Sitanggang, Rido S.B. (2024) Judulnya adalah: Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Pemodelan Bangunan Kelas XI Program Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. . Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5192411006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Cover.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 5192411006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (881kB)
![[thumbnail of 5192411006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Kata_Pengantar.pdf
Download (325kB)
![[thumbnail of 5192411006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Abstrak.pdf
Download (526kB)
![[thumbnail of 5192411006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Daftar_Isi.pdf
Download (374kB)
![[thumbnail of 5192411006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Daftar_Tabel.pdf
Download (325kB)
![[thumbnail of 5192411006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Daftar_Gambar.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 5192411006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 5192411006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_BAB_I.pdf
Download (450kB)
![[thumbnail of 5192411006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5192411006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5192411006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5192411006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_BAB_V.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 5192411006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 5192411006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5192411006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Berikut adalah abstrak dari data ini:
Rido S.B. Sitanggang. NIM 5192411006. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Pemodelan Bangunan Kelas XI Program Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Skripsi. Fakultas Teknik-Universitas Negeri Medan. 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Desain Pemodelan Bangunan dengan menggunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran Example Non Example dan model pembelajaran Langsung (Direct Instruction) serta melihat karakteristik siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1 yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Example Non Example dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen angket Minat Belajar diperoleh 25 butir angket yang valid dari 30 butir angket yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,796 yang artinya tergolong tinggi. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar Desain Pemodelan Bangunan diperoleh 50 butir soal yang valid dari 60 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,951 yang artinya tergolong sangat tinggi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Model Pembelajaran Example Non Example dan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar DPB kelompok yang diajar dengan Model Pembelajaran Example Non Example lebih unggul dari Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada taraf signifikan α = 0,05.
(2) Tinggi rendahnya minat belajar siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar DPB kelompok dengan minat belajar tinggi lebih unggul dari kelompok dengan minat belajar rendah pada taraf signifikan α = 0,05.
(3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Example Non Example dan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan tingkat minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Example Non Example dan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar DPB tidak terlepas dari tinggi rendahnya minat belajar siswa.
Diharapkan pada penelitian lanjutan agar dapat menggunakan model pembelajaran yang berbeda dan juga dapat menggunakan variansi yang berbeda selain daripada minat belajar siswa.
Kata Kunci: Example Non Example, Direct Instruction, Hasil Belajar, Desain Pemodelan Bangunan, SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Example Non Example; Direct Instruction; Hasil Belajar; Desain Pemodelan Bangunan |
Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:44 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62464 |