Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Resilensi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarutung Tahun ajaran 2022/2023

Sihombing, Karunia Sehati Isabel (2024) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Resilensi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarutung Tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183351020_Cover.pdf] Text
1183351020_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1183351020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183351020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1183351020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183351020_Kata_Pengantar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1183351020_Abstrak.pdf] Text
1183351020_Abstrak.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1183351020_Daftar_Isi.pdf] Text
1183351020_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1183351020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183351020_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1183351020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183351020_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1183351020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183351020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1183351020_BAB_I.pdf] Text
1183351020_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 1183351020_BAB_II.pdf] Text
1183351020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1183351020_BAB_III.pdf] Text
1183351020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[thumbnail of 1183351020_BAB_IV.pdf] Text
1183351020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1183351020_BAB_V.pdf] Text
1183351020_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1183351020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183351020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1183351020_Lampiran.pdf] Text
1183351020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing terhadap Resiliensi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarutung tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi-experimental),
menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas VIII yang memiliki tingkat resiliensi rendah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada resiliensi siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon menghasilkan nilai Jhitung = 15, yang lebih besar dari nilai Jtabel = 4 (α = 0,05; N = 8), sehingga hipotesis diterima. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa total skor resiliensi siswa meningkat dari
680 pada pre-test menjadi 1094 pada post-test, dengan selisih sebesar 414. Hal ini mencerminkan peningkatan kemampuan resiliensi sebesar 27,53%. Selain itu, rata-rata skor juga meningkat dari 85 pada pre-test menjadi 136,75 pada post-test,
dengan selisih sebesar 51,75. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terbukti efektif dalam meningkatkan resiliensi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi bimbingan untuk meningkatkan resiliensi siswa, terutama bagi mereka yang memiliki tingkat resiliensi rendah, di lingkungan pendidikan formal seperti SMP Negeri 3 Tarutung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh layanan; Resilensi siswa; Permainan peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:59
Last Modified: 18 Jun 2025 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62446

Actions (login required)

View Item
View Item