Tambunan, Hotma Partogi (2025) Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203351025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Cover.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1203351025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203351025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Kata_Pengantar.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of 1203351025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Abstrak.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 1203351025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Daftar_Isi.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 1203351025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Daftar_Tabel.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 1203351025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Daftar_Gambar.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 1203351025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 1203351025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_BAB_I.pdf
Download (401kB)
![[thumbnail of 1203351025_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203351025_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (331kB)
![[thumbnail of 1203351025_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203351025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_BAB_V.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 1203351025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 1203351025_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Medan. Pendekatan ini kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Hasil analisis data menunjukkan Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pearson Product Moment. Dengan ketentuan, α=0,05; jika rhitung lebih besar dari rtabel, maka instrument valid, dan sebaliknya jika rhitung lebih kecil rtabel, maka instrument tidak valid (supriadi, 2012). Dalam pengujian ini dilakukan dengan menggunakan data dari 30 responden. Diketahui N=30 dan α= 0.05 maka rtabel=0,361, berdasarkan 136 item angket kesiapan sekolah memiliki koefisien validitas antara 0,361 antara 0,849 sehingga semua item dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan sekolah dapat lebih meningkatkan kinerja manajemen, lebih pro-aktif dalam mengembangkan program hubungan sekolah dengan masyarakat, memaksimalkan alokasi dana, dapat memfasilitasi berbagai media Pembelajaran sehingga proses belajar-mengajar menjadi efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran inklusif; anak berkebutuhan khusus; Sekolah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62424 |