Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kota Medan

Tambunan, Hotma Partogi (2025) Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203351025_Cover.pdf] Text
1203351025_Cover.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203351025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203351025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203351025_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203351025_Kata_Pengantar.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 1203351025_Abstrak.pdf] Text
1203351025_Abstrak.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1203351025_Daftar_Isi.pdf] Text
1203351025_Daftar_Isi.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1203351025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203351025_Daftar_Tabel.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 1203351025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203351025_Daftar_Gambar.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 1203351025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203351025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1203351025_BAB_I.pdf] Text
1203351025_BAB_I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 1203351025_BAB_II.pdf] Text
1203351025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203351025_BAB_III.pdf] Text
1203351025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[thumbnail of 1203351025_BAB_IV.pdf] Text
1203351025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203351025_BAB_V.pdf] Text
1203351025_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1203351025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203351025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1203351025_Lampiran.pdf] Text
1203351025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Medan. Pendekatan ini kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Hasil analisis data menunjukkan Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pearson Product Moment. Dengan ketentuan, α=0,05; jika rhitung lebih besar dari rtabel, maka instrument valid, dan sebaliknya jika rhitung lebih kecil rtabel, maka instrument tidak valid (supriadi, 2012). Dalam pengujian ini dilakukan dengan menggunakan data dari 30 responden. Diketahui N=30 dan α= 0.05 maka rtabel=0,361, berdasarkan 136 item angket kesiapan sekolah memiliki koefisien validitas antara 0,361 antara 0,849 sehingga semua item dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan sekolah dapat lebih meningkatkan kinerja manajemen, lebih pro-aktif dalam mengembangkan program hubungan sekolah dengan masyarakat, memaksimalkan alokasi dana, dapat memfasilitasi berbagai media Pembelajaran sehingga proses belajar-mengajar menjadi efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran inklusif; anak berkebutuhan khusus; Sekolah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:28
Last Modified: 18 Jun 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62424

Actions (login required)

View Item
View Item