Manurung, Romian Tamaria (2024) Hubungan Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Praktik Membuat Garnish Pada Kegiatan Ekstrakurikuler SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193142019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Cover.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 5193142019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (684kB)
![[thumbnail of 5193142019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Kata_Pengantar.pdf
Download (480kB)
![[thumbnail of 5193142019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Abstrak.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of 5193142019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Daftar_Isi.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 5193142019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Daftar_Tabel.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of 5193142019_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of 5193142019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_BAB_I.pdf
Download (475kB)
![[thumbnail of 5193142019_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193142019_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (973kB)
![[thumbnail of 5193142019_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193142019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_BAB_V.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 5193142019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of 5193142019_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193142019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Keaktifan Belajar; (2) Motivasi Belajar; (3) Hasil Praktik Membuat Garnish Pada Kegiatan Ekstrakurikuler; (4) Hubungan Keaktifan Belajar dengan Hasil Praktik Membuat Garnish Pada Kegiatan Ekstrakurikuler; (5) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Praktik Membuat Garnish Pada Kegiatan Ekstrakurikuler; (6) Hubungan Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Praktik Membuat Garnish Pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Korelasional. Lokasi penelitian di SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Waktu penelitian Agustus-November 2023. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Tata Boga. Teknik penentuan sampel secara total sampling dan jumlah sampel 41 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk keaktifan belajar dan motivasi belajar untuk hasil praktik membuat garnish pada ekstrakurikuler melalui penilaian hasil praktik. Teknik analisis data secara deskripsi data, dan uji persyaratan analisis, dengan uji normalitas, dan uji lineritas, serta uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan keaktifan belajar, motivasi belajar dan hasil praktik membuat garnish pada kegiatan ekstrakurikuler termasuk kategori cenderung tinggi masing-masing sebesar 58,54 persen, 51,22 persen dan 58,54 persen. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan hasil praktik
membuat garnish pada kegiatan ekstrakurikuler dengan nilai korelasi parsial ryx1x2 = 0,67 dan nilai koefisien parsial thitung>ttabel (5,57>1,684) pada taraf signifikan 5 persen. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil praktik membuat garnish pada kegiatan ekstrakurikuler dengan nilai korelasi parsial ryx2x1= 0,64 dan nilai koefisien parsial thitung>ttabel (6,77>1,684) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dan motivasi belajar dengan hasil praktik membuat garnish pada kegiatan ekstrakurikuler dengan nilai korelasi ganda ryx1x2 = 0,92 dan nilai koefisien ganda Fhitung>Ftabel (70>2,86) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya semakin tinggi keaktifan belajar dan motivasi belajar maka semakin tinggi hasil praktik membuat garnish pada kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan belajar; Motivasi belajar; Hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 08:39 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62367 |