Panjaitan, Windy Glorya Margareth (2024) Pengaruh Model Pembelajaran AIR(Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2193111013_Cover.pdf
Download (17kB)
2193111013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (187kB)
2193111013_Abstrak.pdf
Download (214kB)
2193111013_Kata_Pengantar.pdf
Download (88kB)
2193111013_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
2193111013_Daftar_Tabel.pdf
Download (72kB)
2193111013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (67kB)
2193111013_BAB_I.pdf
Download (91kB)
2193111013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (124kB)
2193111013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
2193111013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
2193111013_BAB_V.pdf
Download (70kB)
2193111013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (68kB)
2193111013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model
pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Kemampuan
Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Medan. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 191 siswa, Sampel
penelitian sebanyak 32 siswa untuk kelas kontrol dan 32 untuk kelas eksperimen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design penelitian two group
post-test. Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Medan dalam menulis
teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada
pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,46. Hal tersebut menunjukkan
bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa belum memenuhi KKM yang
telah ditentukan sekolah yaitu 75. Sedangkan, kemampuan siswa kelas VIII
dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy,
Repetition) dalam menulis teks eksplanasi berada pada kategori baik dengan nilai
rata-rata 78. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi
siswa sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Nilai thitung
yang diuji adalah 6,50 dan ttabel sebesar 1,69, hal ini membuktikan bahwa hipotesis
penelitian atau Ha diterima karena thitung (6,50) > ttabel (1,69). Model pembelajaran
AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) berpengaruh terhadap kemampuan
menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh; AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition); Teks Eksplanasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:46 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 07:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62291 |
