Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Dharma Pancasila Medan

Sinurat, Vita Rosari (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111036_Cover.pdf] Text
2193111036_Cover.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2193111036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2193111036_Abstrak.pdf] Text
2193111036_Abstrak.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 2193111036_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111036_Kata_Pengantar.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2193111036_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111036_Daftar_Isi.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2193111036_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111036_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 2193111036_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193111036_Daftar_Lampiran.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 2193111036_BAB_I.pdf] Text
2193111036_BAB_I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 2193111036_BAB_II.pdf] Text
2193111036_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[thumbnail of 2193111036_BAB_III.pdf] Text
2193111036_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of 2193111036_BAB_IV.pdf] Text
2193111036_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of 2193111036_BAB_V.pdf] Text
2193111036_BAB_V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 2193111036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 2193111036_Lampiran.pdf] Text
2193111036_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
reciprocal teaching terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA
Swasta Dharma Pancasila Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X Swasta Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah
siswa 99 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah dengan metode random sampling (acak kelas), sehingga diperoleh kelas X-
2 yang berjumlah 38 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Instrument yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes membuat sebuah puisi.
Dari distribusi data yang diperoleh: 1) hasil pretest siswa memiliki nilai rata-rata
57,23 dengan standar deviasi 14,03, dan standar error 1,63; 2) hasil posttest siswa
memiliki nilai rata-rata 81,61, standar deviasi 7,74, dan standar error 2,30. Hasil
uji normalitas diperoleh: 1) pretest memperoleh harga Lhitung < Ltabel yaitu 0.115 <
0,143 hal ini membuktikan bahwa data pretest berdistribusi normal. 2) posttest
memperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.137 < 0,143 hal ini membuktikan bahwa data
posttest berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan
bahwa sampel berasal populasi yang homogen. Setelah itu diketahui to sebesar
7,289 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikasi α = 0,05
dengan df= N-1, df=38-1=37 pada taraf nyata α = 5% maka diperoleh ttabel =
2,026. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,289 >
2,026. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap keterampilan
menulis puisi siswa kelas X SMA Swasta Dharma Pancasila Medan tahun
pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh; Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Keterampilan Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:38
Last Modified: 16 Jun 2025 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62288

Actions (login required)

View Item
View Item