Siahaan, Nysa Maydina (2024) Pengaruh Media Wayang Kertas terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajar 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2191111006_Cover.pdf
Download (65kB)
2191111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (259kB)
2191111006_Abstrak.pdf
Download (99kB)
2191111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (757kB)
2191111006_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
2191111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
2191111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
2191111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
2191111006_BAB_I.pdf
Download (395kB)
2191111006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (131kB)
2191111006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (159kB)
2191111006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (330kB)
2191111006_BAB_V.pdf
Download (153kB)
2191111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (90kB)
2191111006_Lampiran.pdf
Download (866kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang
kertas terhadap keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII
SMPNegeri 3 Tebing Tinggi tahun ajar 2023/2024. Seluruh siswa kelas VII di SMP
Negeri 3 Tebing Tinggi yang berjumlah 300 siswa (10 Kelas) menjadi populasi
dalam penelitian ini, sementara sampel yang diambil adalah siswa dari kelas VII-3
sebanyak 27 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain
one group pretest-posttest design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada
pretest, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 59,25 termasuk dalam kategori kurang
dengan standar deviasi sebesar 19,37. Namun, pada posttest, nilai rata-rata
meningkat sebesar 23% menjadi 72,96 termasuk kategori baik dengan standar
deviasi sebesar 18,16. Selama proses penelitian, uji normalitas dan uji homogenitas
menunjukkan bahwa data yang digunakan memiliki distribusi normal dan sampel
yang digunakan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis t menunjukkan bahwa t hitung
adalah 2,58, sedangkan t tabel dengan tingkat signifikansi α = 0,05 dan derajat
kebebasan (df) 26 adalah 1,706. Karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,58 >
1,706), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kertas memiliki
pengaruh signifikan terhadap keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi
cerita fabel di kelas VII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi pada Tahun Ajaran
2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengaruh; wayang kertas; cerita fabel |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 05:12 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 05:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62278 |
