Problematika Penggunaan Gadget Dalam Proses Pembelajaran Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2024/2025

Manalu, Magdalena NW (2025) Problematika Penggunaan Gadget Dalam Proses Pembelajaran Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203122016_Cover.pdf] Text
3203122016_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 3203122016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203122016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 3203122016_Abstrak.pdf] Text
3203122016_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3203122016_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203122016_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3203122016_Daftar_Isi.pdf] Text
3203122016_Daftar_Isi.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 3203122016_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203122016_Daftar_Gambar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 3203122016_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203122016_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3203122016_BAB_I.pdf] Text
3203122016_BAB_I.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 3203122016_BAB_II.pdf] Text
3203122016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[thumbnail of 3203122016_BAB_III.pdf] Text
3203122016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[thumbnail of 3203122016_BAB_IV.pdf] Text
3203122016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203122016_BAB_V.pdf] Text
3203122016_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 3203122016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203122016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 3203122016_Lampiran.pdf] Text
3203122016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika penggunaan gadget di SMA Negeri 1 Batang Kuis, untuk menganalisis tanggapan guru di SMA Negeri 1 Batang Kuis mengenai penggunaan gadget dalam proses pembelajaran,
dan untuk menganalisis upaya yang dapat dilakukan untuk penerapan penggunaan gadget yang baik di lingkungan sekolah SMAN 1 Batang Kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk problematika yang dialami oleh guru yaitu proses pembelajaran terganggu dan pendampingan ekstra guru terhadap siswa. Problematika yang dialami siswa yaitu mengganggu kosentrasi belajar, menurunnya interaksi sosial dan mengubah
karakter siswa sehingga penggunaan gadget dalam proses pembelajaran yang dilakukan dapat mengurangi interaksi saat diskusi tetapi gadget membantu siswa melek media pembelajaran berbasis digital. Upaya yang dapat dilakukan yaitu guru melakukan kontrol rutin terhadap penggunaan gadget oleh siswa, antar guru melakukan sosialisasi penggunaan gadget yang tepat terhadap siswa dan mengatur
akses konten yang dibuka oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa gadget dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif jika digunakan dengan benar dan memiliki aturan, namun juga dapat menyebabkan permasalahan
dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara siswa dan pihak sekolah untuk mengoptimalkan penggunaan gadget secara bijak dalam mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problematika, Gadget, Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:46
Last Modified: 16 Jun 2025 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62273

Actions (login required)

View Item
View Item