Simorangkir, Andreas (2015) Evaluasi Lampu Lalu – Lintas Dan Geometrik Jalan Di Persimpangan 4 Kawasan JL. Bambu – JL. Gaharu Medan Timur. Diploma thesis, UNIMED.
![[thumbnail of NIM 5123210003 JUDUL.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 JUDUL.pdf.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf
Download (851kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 KATA PENGANTAR.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 KATA PENGANTAR.pdf.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 ABSTRAK.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 ABSTRAK.pdf.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 DAFTAR ISI.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 DAFTAR ISI.pdf.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 DAFTAR TABEL.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 DAFTAR TABEL.pdf.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 BAB I.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 BAB I.pdf.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 BAB II.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 BAB II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 BAB III.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 BAB III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 BAB IV.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 BAB IV.pdf.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of NIM 5123210003 LAMPIRAN.pdf.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIM 5123210003 LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Lampu lalu – lintas (traffic light) adalah suatu alat kendali (kontrol) dengan menggunakan lampu yang terpasang pada persimpangan dengan tujuan untuk mengatur arus lalu - lintas. Traffic light memiliki tiga warna yang berbeda dan memilki arti yang berbeda pula. Lampu hijau (Green): isyarat kepada pengendara bahwa kendaraannya harus bergerak maju. Lampu kuning (amber): isyarat kepada pengendara bahwa kendaraannya bersiap – siap untuk bergerak maju atau bersiap – siap untuk berhenti sebelum mendapatkan garis henti (stop line). Lampu merah (Red): isyarat kepada pengendara bahwa kendaraannya harus berhenti pada sebelum garis henti (Stop Line). Geometrik jalan adalah suatu bangunan jalan raya yang menggambarkan tentang bentuk/ ukuran jalan raya yang meliputi penampang melintang, memanjang atau bentuk lain dari fisik jalan. Sebelum melakukan perencanaan setting lampu lalu – lintas, terlebih dahulu melakukan survey ke jalan untuk mendapatkan data volume lalu – lintas per hari. Perhitungan banyaknya volume kendaraan yang lewat melalui persimpangan, dan mengambil data volume jenis kendaraan apa – apa saja yang melewati persimpangan 4 JL. Bambu – JL. Gaharu. Data yang diperoleh dari setiap simpang memiliki waktu siklus 30 detik (dari arah timur dan barat) dan 40 detik (dari arah utara dan selatan). Namun setelah dievaluasi mendapatkan hasil waktu siklus 12 detik (dari arah timur dan barat) dan 14 detik (dari arah utara dan selatan). Dan mendapatkan kesimpulan bahwa dari data dilapangan memiliki tundaan 22 smp/detik (dari arah timur dan barat) dan 20 smp/detik (dari arah utara dan selatan), dan mendapatkan hasil derajat kejenuhan DSTimur = 1,24, DSBarat = 2,59, DSUtara = 2,74, DSSelatan = 1,06 yang mempunyai nilai lebih dari 1 (antrian panjang). Selanjutnya persimpangan 4 JL. Bambu – JL. Gaharu tersebut haruslah memperbaiki fasilitas belok kiri langsung dan prioritas belok kanan agar dapat diperbaiki sehingga tidak menghasilkan tundaan yang besar (yang mengakibatkan kemacetan yang panjang). Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menentukkan setting lampu lalu – lintas di persimpangan jalan raya. Dengan penulisan tugas akhir ini maka penulis diharapkan dapat memahami bagaimana cara merencanakan setting lampu lalu – lintas yang baik. Sebagaimana mestinya lampu lalu – lintas yang baik, harus mempunyai jedah waktu terhadap simpang lainnya. Apabila jedah waktunya terlalu singkat (pendek) maka dari keadaan tersebut itulah akan menyebabkan kemacetan yang signifikan dan akan terus memuncak, sampai benar – benar terjadi kemacetan total. Namun, apabila kaki simpang juga tidak memiliki cukup ruang untuk kendaraan yang lewat ataupun kendaraan yang hendak ingin belok kiri langsung juga dapat mempengaruhi kemacetan. Jadi, dari hasil yang dievaluasi apabila hasil tundaan yang kecil tidak menjadi masalah yang terlalu serius, namun apabila tundaan yang didapat cukup besar maka ada baiknya kaki simpang dapat diperbaiki sehingga kemacetan tidak berkepanjangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Keywords: | Lampu lalu lintas; Analisa perencanaan; Kapasitas; Sinyal |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001 Transportation engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62266 |