YULI, RIVANI AFRI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 2 TINGGI RAJA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203311039_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Cover.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of 2203311039_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203311039_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Abstrak.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 2203311039_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Kata_Pengantar.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 2203311039_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Daftar_Isi.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 2203311039_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Daftar_Tabel.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of 2203311039_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Daftar_Gambar.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 2203311039_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_BAB_I.pdf
Download (390kB)
![[thumbnail of 2203311039_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (986kB)
![[thumbnail of 2203311039_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (794kB)
![[thumbnail of 2203311039_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (581kB)
![[thumbnail of 2203311039_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_BAB_V.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 2203311039_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (263kB)
Abstract
Guru menempati posisi yang sangat strategis dalam menciptakan kondisi
pembelajaran. Mulai dari mengelola kelas, memilih bahan ajar, menerapkan
strategi pembelajaran dan memilih model pembelajaran. Untuk mengatasi
beberapa persoalan pembelajaran menulis ini, salah satunya diperlukan metode
atau model pembelajaran dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar
yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar, baik proses atau hasil akhir
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis keterampilan
menulis teks fantasi siswa kelas VII SMPN 2 Tinggi Raja dengan menggunakan
metode pembelajaran role playing. (2) Untuk menganalisis keterampilan menulis
teks fantasi siswa kelas VII SMPN 2 Tinggi Raja dengan menggunakan metode
pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran role playing terhadap keterampilan menulis teks fantasi siswa kelas
VII SMPN 2 Tinggi Raja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMPN 2 Tinggi Raja dengan banyak sampel yaitu 64 siswa (32 siswa pada kelas
eksperimen dan 32 siswa pada kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah soal tes kemampuan menulis teks fantasi dengan 3 indikator
penilaian yaitu unsur instrinsik cerita, organisasi dan struktur teks dan
penggunaan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah two
group posttest design. Teknik analisis data menggunakan uji prasyaratan analisis
yang terdiri dari uji normalitas dan homgenitas serta uji hipotesis. Hasil
penelitian pada kelas eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran role
playing diperoleh rata-rata 77,81. Sedangkan, hasil penelitian pada kelas kontrol
dengan menerapkan metode pembelajaran konvesional adalah 68,18.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang telah dilakukan
diperoleh nilai t hitung dari adalah 1,99. Sementara itu nilai t-tabel pada tabel di
atas adalah 1,66 sehingan t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh metode pembelajaran
role playing terhadap keterampilan menulis teks fantasi siswa kelas VII SMPN 2
Tinggi Raja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran; Role Playing; Konvensional; Teks Fantasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 08:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62257 |