PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BINJAI

Aritonang, Ribka Riana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111039_Cover.pdf] Text
2203111039_Cover.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2203111039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of 2203111039_Abstrak.pdf] Text
2203111039_Abstrak.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 2203111039_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111039_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2203111039_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111039_Daftar_Isi.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 2203111039_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111039_Daftar_Tabel.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2203111039_BAB_I.pdf] Text
2203111039_BAB_I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 2203111039_BAB_II.pdf] Text
2203111039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[thumbnail of 2203111039_BAB_III.pdf] Text
2203111039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[thumbnail of 2203111039_BAB_IV.pdf] Text
2203111039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[thumbnail of 2203111039_BAB_V.pdf] Text
2203111039_BAB_V.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 2203111039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2203111039_Lampiran.pdf] Text
2203111039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Round Robin Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 5 Binjai. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah
metode ialah metode eksperimen untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari
perlakuan dengan model two group pretest-posttest design. Populasi pada
penelitian ini Seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Binjai, sedangkan
populasinya adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4. Masing-masing diantaranya
berjumlah 28 dan 22 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa pretest
dan post-test, wawancara dengan guru, dan observasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dengan penggunaan model pembelajaran
Round Robin Brainstorming di kelas eksperimen. Dibandingkan dengan kelas kontrol
nilai rata-rata kedua kelas berbeda. Terdapat peningkatkan setelah menerapkan model
pembelajaran ini pada pengajaran menulis teks eksplanasi. Hasil uji pada dua kelas
yakni kelas kontrol dan eksperimen yang berjumlah 50 siswa ditemukan bahwa
nilai rata-rata pada kelas kontrol yakni kelas VIII-3 58,01 sedangkan pada kelas
eksperimen yaitu kelas VIII-4 berjumlah 22 siswa rata-rata nilai mereka ialah 71,61.
Hasil uji normalitas pada dua kelas ini ditemukan hasilnya kedua kelas normal
karena L Hitung ˂ L Tabel. Pada uji homogenitas, kedua kelas memiliki nilai yang
homogen, karena F Hitung lebih rendah dari F tabel, sesuai dengan ketentuan maka
data tersebut dikatakan homogen. Dari hasil uji T oleh kedua kelas, yakni kelas
kontrol dan eksperimen ditemukan bahwa hasil keduanya sama-sama H0˂H₁, yang
berarti hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teks Eksplanasi; Model Pembelajaran Round Robin; Brainstorming
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:47
Last Modified: 13 Jun 2025 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62239

Actions (login required)

View Item
View Item