PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN TANGGAPAN SECARA LISAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Ginting, Rezki Antonio F. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN TANGGAPAN SECARA LISAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411018_Cover.pdf] Text
2202411018_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2202411018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411018_Abstrak.pdf] Text
2202411018_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2202411018_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411018_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 2202411018_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411018_Daftar_Isi.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 2202411018_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411018_Daftar_Tabel.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2202411018_BAB_I.pdf] Text
2202411018_BAB_I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 2202411018_BAB_II.pdf] Text
2202411018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of 2202411018_BAB_III.pdf] Text
2202411018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[thumbnail of 2202411018_BAB_IV.pdf] Text
2202411018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411018_BAB_V.pdf] Text
2202411018_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 2202411018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 2202411018_Lampiran.pdf] Text
2202411018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa
menggunakan model TPS siswa kelas IX di SMPN Percut Sei Tuan yang
berjumlah 299 siswa. Sampel yang diambil secara acak yaitu kelas IX-2
berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-1 berjumlah 30 siswa
sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen (quasi experiment). Instrument yang digunakan adalah tes. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan menggunakan model TPS dapat meningkatkan kemampuan
berbicara siswa dalam memberikan pendapat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata
(mean) yang diperoleh siswa yaitu 13% kategori sangat baik, 60% kategori baik,
27% kategori cukup, 0% kategori kurang, dan 0% kategori sangat kurang.
Sedangakan hasil penelitian menggunakan model ekspositoris di peroleh rata-rata
(mean) yang diperoleh siswa yaitu 56,7, standar deviasi 10, 89, dengan kategori
sangat baik 0%, kategori baik 17%, kategori cukup 43%, kategori kurang 40%,
dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data normalitas hasil keduanya
berdistribusi normal. Daari uji homogenitas, sampel penelitian ini berasal dari
populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (6,61) >
 (2,00) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan demikian  ditolak dan 
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TPS lebih
efektif dibandingkan dengan model ekspositoris dalam meningkatkan kemampuan
berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model TPS; Model Ekspositoris; Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:38
Last Modified: 13 Jun 2025 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62236

Actions (login required)

View Item
View Item